Langkah Sukses di Tempat Kerja

Sukses adalah kata yang menyenangkan, bahkan menjadi impian setiap orang, meraih impian tidaklah mudah, harus dilalui perjuangan panjang.Definisi sukses setiap orang mungkin berbeda.Dalam kehidupan sehari-hari kata sukses menjadi penyemangat agar orang mencapai cita-citanya.Ketika kecil kita ditanya apa cita-citanya, ada yang menjawab jadi dokter, insinyur, pilot, guru dan sebagainya, seiring perjalanan waktu dan kita menjadi besar sukses juga menjadi pemicu dalam kehidupan kita.

Sukses bukan hanya milik orang lain,siapa saja berhak untuk meraih sukses tersebut. Kita harus menyadari bahwa setiap manusia mempunyai pribadi yang unik, artinya tidak seorangpun  dari pribadi kita mempunyai pribadi yang tepat sama dengan orang lain. Oleh karena itu, ini menjadi penting bagi kita untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan sekitar, karena memiliki perbedaan alam perasaan, dan cara bertindak serta situasi dan kondisinya.

Manusia diciptakan Tuhan sebagai mahkluk yang paling tinggi derajat dan martabat diantara mahluk lain dimuka bumi ini. Derajat dan martabat ini karena manusia selain memiliki bentuk fisik yang indah, tegak dan berdiri, ia dikaruniai akal,budi

Manusia selain dikaruniai itu semua juga dianugrahi intelektual dan modal kemanusiaan yang tidak terbatas tergantung manusia itu sendiri yang mengembangkannya. Semakin tinggi daya akal dan daya nalar  serta moral, kemanusiaannya semakin  dekat  kepada Yang Maha Kuasa Sang Penciptanya, sehingga manusia akan mampu meningkatkan kehidupan (sosial) maupun penghidupan (ekonomi) nya dengan mudah dari ketinggian derajat dan martabat ini.

Pemahaman  dan kesadaran  manusia sendirilah  yang sering merusak dirinya karena lebih banyak mengeluh ketimbang bersyukur atas derajat dan martabat yang disandangnya.Dalam kenyataan  dan keseharian  sering kita temui dan dan kita dengar jawaban yang tidak manusiawi apabila ditanyakan mengapa tidak atau belum berwirausaha, tidak mempunyai modal itulah jawaban yang klasik yag sering kita dengar, padahal secara pisik itu  adalah modal. Untuk mewujudkan kompetensi, seseorang perlu mengenali dirinya dan siap melakukan langkah yang memungkinkan yang bersangkutan mengambil jalan yang paling taktis, jalan taktis tersebut berguna untuk melakukan terobosan penting agar kesuksesan menjadi nyata.

Pandangan baru tentang kesuksesan bahwa “jauh dalam diri manusia terdapat kekuatan-kekuatan yang masih tertidur nyenyak, kekuatan – kekuatan yang membuat mereka takjub dan yang tidak pernah mereka memilikinya: kekuatan yang apabila digugah dan ditindak lanjuti akan mengubah kehidupan mereka dengan cepat”. Hidup ini seperti mendaki gunung. Kepuasan dapat dicapai melalui usaha yang tidak kenal lelah untuk terus mendaki, meskipun kadang-kadang langka demi langkah yang ditapakan terasa lambat dan menyakitkan.

Bekerja dengan perioritas yang jelas, berarti mendidik dirimenjadi lebih efektif, untuk menghasilkan tindakan yang berkwalitas, dan hasilnya adalah anda akan mencapai sukses yang maksimal disemua aspek kehidupan anda” DJAJENDRA”

Berikut ini ada beberapa tips yang kiranya dapat menjadi acuan agar sukses ditempat kerja sbb:

1. Buatlah daftar (list) pekerjaan anda secara total

Pastikan anda telah mendaftar semua tugas-tugas anda, kemudian menilai urgensi dari masing-masing tugas,lalu jadwalkan tugas-tugas itu untuk diselenggarakan secara prioritas.

2. Hapuskan tugas-tugas yang tidak penting dari list anda.

Lakukan evaluasi melalui filter yang baik,lalu pilih hal-hal terpenting untuk dikerjakan dan hapus semua hal-hal yang tidak penting dari list anda.

3. Buatlah list pekerjaan yang bersih dari hal-hal yang tidak penting

Anda harus menjadi pribadi yang efektif oleh karena itu fokuskan perhatian anda hanya pada pekerjaan-pekerjaan yang sangat penting untuk dikerjakan segera.Pastikan anda mampu mengurangi beban pikirndan beban pekerjaan anda melalui list pekerjaan baru tersebut.

4. Pahami sebab-sebab urgensi sebuah pekerjaan

Anda harus menjadi pribadi yang lentur untuk memhamai berbagai sebab akibat ataupun aksi reaksi terhadap urgensinya sebuah pekerjaan, jadi pastikan anda paham betul tentang apa yang menyebabkan urgensi., pastikan anda paham betul situasi apa yang mendesak untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan Dan pastikan anda  paham betul untuk tidak menunda-nunda suatu tugas yang  sangat mendesak.

5. Jadikan diri anda sebagai pribadi berdisiplin tinggi yang patuhpada prioritas kerja untuk menyukseskan program-program organisasi.

Pahami secara efektif untuk melakukan tugas.Pahami secara efektif untuk berkontribusi pada organisasi secara maksimal.Miliki visi yang jelas tentang setiap tanggung jawab anda kepada organisasi, dan miliki integritas diri yang tinggi untuk membantu organisasi meningkatkan kinerja.

Penulis: 
Saudahwati, S.E.,M.M. - Widyaiswara Muda BKPSDM
Sumber: 
BKPSDMD

Artikel

18/07/2017 | Abdul Sani, S.Pd.I - Widyaiswara Muda pada BKPSDMD Babel
441,108 kali dilihat
20/11/2017 | Syanti Gultom, A.Md - Dinas Koperasi, UKM
424,373 kali dilihat
07/11/2018 | Jimmy Arief Saud Parsaoran, S.T. - Prakom Pertama BKPSDMD
234,141 kali dilihat
31/08/2018 | Jimmy Arief Saud Parsaoran, S.T. - Prakom Pertama BKPSDMD
205,220 kali dilihat
07/12/2017 | Herru Hardiyansah, S.Kom. - Prakom Muda BKPSDMD
142,417 kali dilihat