24 Pembangun Negeri Siap Kembangkan Gagasan

PANGKALPINANG - 24 Pembangun Negeri siap mengembangkan gagasan dalam bentuk penulisan makalah. Mereka adalah para peserta yang lolos dalam Seleksi Administrasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemerintah Bangka Belitung).

Setelah Seleksi Administrasi, para peserta hari ini melaksanakan tahapan lanjutan berupa penulisan makalah. Sebelum memulai, Yanuar, Asisten Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Bangka Belitung selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) bersama Susanti, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung selaku Sekretaris Pansel memberikan arahan singkat.

“Bapak-ibu adalah orang-orang terpilih yang sudah lolos secara administrasi. Hari ini bapak-ibu harus mempersiapkan ide atau gagasan untuk dikembangkan dalam tulisan”, ucap Yanuar, di Aula Natar Praja BKPSDMD Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (18/10/2021).

Waktu penulisan makalah selama 120 (seratus dua puluh) menit. Yanuar meminta agar para peserta dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

“Bapak-ibu punya waktu selama seratus dua puluh menit. Jadi, manfaatkan lah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Fokus, jangan tergesa-gesa, agar gagasan yang bapak-ibu miliki dapat dikembangkan dengan maksimal dan tepat, seperti apa yang bapak-ibu rencanakan,” lanjutnya.

Senada hal tersebut, Susanti mengatakan bahwa setiap buah pikiran peserta sangat berarti.

“Setiap gagasan yang bapak-ibu miliki sangat berarti, karena dengan gagasan itu, bapak-ibu akan merencanakan suatu inovasi yang hebat bagi Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, kata Susanti.

Menurutnya, setiap peserta merupakan visioner hebat yang mampu membawa perubahan positif bagi Bangka Belitung.

“Yang bapak-ibu tulis nanti bukan hanya sekedar makalah atau tulisan tanpa makna. Melainkan, suatu buah pemikiran yang bisa saja direalisasikan, demi kemajuan daerah kita Bangka Belitung. Untuk itu, selain menstimulus diri untuk memperoleh gagasan cemerlang, mari kembangkan gagasan itu, sesuai dengan tusi bapak-ibu, ciptakan inovasi dan majukan Negeri,” tambahnya.

Penulisan makalah dibuat dengan tema yang ditentukan dan baru disampaikan oleh Pansel pada saat pengarahan, sesuai dengan tugas dan fungsi setiap peserta. Penulisan makalah juga dikaitkan dengan visi dan misi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Isi makalah harus merupakan hasil pemikiran sendiri dan belum dipublikasikan. Dalam makalah, terdiri dari pendahuluan, permasalahan, analisis permasalahan dan alternatif kebijakan, serta kesimpulan.

Saat menuliskan makalah, para peserta tidak diperkenankan mengakses internet dan tidak diperkenankan membawa referensi dalam bentuk apapun.

Para peserta merupakan hasil seleksi administrasi yang disampaikan melalui Pengumuman pada laman resmi bkpsdmd.babelprov.go.id, Jum’at, 16 Oktober 2021. Tahapan selanjutnya, yakni Assessment Test oleh Tim Assessor SDM Independen (19 – 20 Oktober 2021), Rekam Jejak (21 Oktober 2021), serta Presentasi dan Wawancara Akhir (22 – 23 Oktober 2021).

Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Ade Sumarli
Sumber: 
BKPSDMD Babel

Berita

19/05/2016 | BKPSDMD
9,989 kali dilihat
15/01/2020 | BKPSDMD
9,696 kali dilihat
15/12/2019 | BKPSDMD
4,241 kali dilihat
16/09/2020 | BKPSDMD Babel
3,998 kali dilihat
16/12/2016 | BKPSDMD
3,618 kali dilihat
25/10/2016 | BKPSDMD
2,566 kali dilihat