PT. TASPEN Berkantor Di BKD Pemprov Babel

PANGKALPINANG  – PT. Taspen Kantor Cabang Pangkalpinang, mendelegasikan tiga pegawainya berkantor di Badan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), selama dua hari terhitung 25-26 Mei 2016.

Hal itu dilakukan oleh PT. Taspen tidak lain sebagai bagian dari pelaksanaan program PT. Taspen berupa program layanan pro aktif, dimana layanan pro aktif tersebut dibagi lagi menjadi dua yaitu office channeling  dan service point, dan yang saat ini dilakukan oleh PT. Taspen adalah office channeling.

“Untuk mewujudkan kegiatan layanan proaktif office channeling, PT. Taspen berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menggelar service atau layanan diluar kantor PT. Taspen dengan tujuan agar informasi kepada peserta Taspen, tidak hanya di kantor PT. Taspen saja, namun bisa diluar kantor seperti yang saat ini, kami lakukan di BKD Pemprov Babel,” terang Staf Pelaksana Kepesertaan PT. Taspen, Bagus Satria, disela-sela pelaksanaan kegiatan layanan pro aktif office channeling di Kantor BKD Pemprov Babel lantai 2 Kantor Gubernur Babel, Rabu (25/5/2016).

Lebih lanjut Bagus mengatakan, pelayanan proaktif office channeling ini antara lain melani peserta yang ingin berkonsultasi masalah keTaspenan dan juga  melayani klaim ataupun percetakan kartu, dimana pihaknya akan melakukan pencetakan kartu di tempat.

Selain itu, pihaknya juga memperkenalkan program atau produk baru PT. Taspen yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang tertuang dalam PP Nomor 70 tahun 2015 .

“JKK adalah jaminan apabila peserta mengalami kecelakaan pada saat pergi ke tempat dinas ataupun sedang melakukan kedinasan. Sedangkan untuk kategori jaminan kematian itu diluar dari kecelakaan kerja seperti sakit ataupun meninggal biasa itu dinakaman jaminan kematian. Mamfaat yang diberikan pun berbeda, untuk JKK antara lain santunan, perawatan dan beasiswa sedangkan untuk jaminan kematian (JKM) antara lain santunan, penguburan juga ada beasiswa, namun presentasenya berbeda,” papar Bagus.

Sementara itu, Kepala BKD Pemprov Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Disiplin dan Kesejahteraan Pegawai BKD Pemprov Babel, Yudi Suhardi, S.Sos yang ditemui saat pelaksanaan kegiatan layanan pro aktif office channeling PT. Taspen menyambut baik program PT. Taspen tersebut.

“Kegiatan layanan pro aktif office channeling PT. Taspen ini, memang sudah diajukan PT. Taspen beberapa waktu yang lalu kepada pihak Pemprov Babel dalam hal ini BKD. Dalam pelaksanaannya PT. Taspen akan membuka layanan yang bertempat di kantor BKD Pemprov Babel lantai 2 Kantor Gubernur Babel ini, yang diperuntukan bagi seluruh peserta Taspen dalam hal ini seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Babel yang ingin mencari informasi tentang taspen tersebut,” terang Yudi.

Diakui Yudi, saat ini, masih banyak pegawai di lingkungan Pemprov Babel yang enggan untuk datang ke Kantor PT. Taspen untuk mencari informasi seputar masalah Taspen. Namun mereka (pegawai) lebih memilih untuk menanyakan permasalah Taspen tersebut ke BKD Pemprov Babel, yang kemudian oleh pihak BKD akan meneruskan permasalahan tersebut ke PT. Taspen.

Untuk itu, sambung Yudi, dengan adanya program layanan pro aktif office channeling PT. Taspen yang bertempat di Kantor BKD ini, diharapkan pegawai yang memiliki permasalahan tentang Taspen agar datang dan menyampaikan pertanyaannya langsung ke pihak PT. Taspen yang berlangsung selama dua hari di kantor BKD.

Penulis: 
wv/BKD Babel
Sumber: 
BKPSDMD