Terima BKN Award, Pj Gubernur Babel Suganda Sampaikan Apresiasi

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan beserta jajaran BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas prestasi yang diraih pada ajang BKN Award 2023.

“Kita senang dan mengapresiasi teman-teman BKPSDMD yang sudah berkinerja dengan baik. Ini bukti ketika kita mau berusaha, tentu akan kita dapatkan,” ucap Pj. Gubernur Suganda yang ditemui di ruang kerjanya, lantai 2 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (7/9/2023).

Penghargaan yang diperoleh adalah peringkat ke-2 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja untuk Pemerintah Provinsi Tipe Kecil dan penghargaan peringkat ke-5 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian untuk Pemerintah Provinsi Tipe Kecil. Pengumuman penghargaan telah disampaikan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian BKN Tahun 2023 yang dilangsungkan di Pullman Hotel and Resorts, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023) lalu. 

Prestasi ini pantas menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain agar berlomba-lomba dalam prestasi dan kontribusi.

“Tahun ini sudah banyak nilai A yang kita dapatkan, ya. Jadi artinya, ini yang terus saya dorong kepada semua instansi untuk berprestasi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya untuk mewujudkan Meritokrasi. Sistem Merit yang berjalan baik akan mewujudkan pemerintahan yang semakin profesional. 

“Sistem Merit kita harus berjalan dengan baik karena kalau Sistem Meritnya berjalan dengan baik, semua akan berjalan on the track. Kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan baik oleh ASN ataupun dalam sistem pemerintahan kita,” katanya.

Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang, Margi Prayitno yang hadir langsung menyerahkan penghargaan tersebut juga mengucaokan selamat atas prestasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Selamat kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas keberhasilannya. Memang untuk dapat penghargaan di BKN Award tidak mudah karena indikatornya banyak dan real kinerja yang dilakukan,” ucap Kakanreg Margi.

Disampaikannya, Kantor Regional VII BKN Palembang siap mendukung upaya BKPSDMD dalam mewujudkan Meritokrasi di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mendapatkan salah satunya pendekatan untuk Sistem Merit. Memang kedepan akan kita fokuskan pada pembinaan ASN yang berbasis pada Sistem Merit. Jadi, kalau BKPSDMD ini siap melakukan itu, maka BKN akan siap men-support,” katanya.

Kedepan, indikator Sistem Merit akan lebih diperluas untuk membentuk ASN yang semakin profesional.

“Disamping Sistem Merit, BKN juga ada Talent Pool yang juga bisa kita koordinasikan supaya pengkayaan indikatornya jadi lebih baik. Tadi diskusi saya setuju bahwa kedepan Sistem Merit bukan hanya indikator dari kinerja dan kompetensi tapi diperluas lagi, misal salah satu indikator PNS itu adalah berkelakuan baik, kolaboratif, jadi kedepan seperti itu. Bukan kompetensi dan kinerja saja, ada indikator-indikator tertentu untuk menambah poin, supaya Sistem Merit itu berjalan dengan objektif,” jelasnya.

Kepala BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti berharap prestasi ini dapat menjadi semangat bagi seluruh jajaran BKPSDMD untuk menjadi menjadi lebih baik.

“Pertama, kita mengucapkan syukur alhamdulillah, karena apa yang kita lakukan ada pengakuan. Ini tentu menjadi semangat bagi kawan-kawan di jajaran kita di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di BKPSDMD. Mudah-mudahan dengan penerimaan pengakuan BKN Award kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan manajemen kepegawaian kita kedepan jadi lebih baik,” ucap Kepala Badan (Kaban) Susanti.

Sesuai arahan Pj. Gubernur, meritokrasi akan segera terwujud di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kaban Susanti berharap para ASN segera berlomba-lomba dalam kontribusi dan prestasi agar prestasi yang telah diraih dapat terimplementasi sebagaimana mestinya.

“Untuk para ASN kita, sudah diarahkan oleh pimpinan kita Bapak Penjabat Gubernur bahwa kita akan segera mewujudkan meritokrasi di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini salah satu pola karir yang jelas, penilaian kinerja yang lebih akurat, menjadikan kawan-kawan kita lebih profesional, diharapkan kepada mereka untuk segera berkontribusi dan ikut mendukung proses perubahan yang telah dilakukan ini, sehingga pengakuan ini bukan sekedar pengakuan tapi menjadi upaya kita untuk menjadikan performa ASN Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih baik,” jelasnya.

Sebagai wakil pusat di daerah, Kaban Susanti berharap BKPSDMD kabupaten/kota juga bersama-sama melakukan upaya percepatan untuk mewujudkan meritokrasi.

"BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai wakil pemerintah pusat di daerah berperan membina manajemen kepegawaian kabupaten/kota. Diharapkan tahun depan semua kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat penghargaan dari BKN Award terkait manajemen kepegawaian," tuturnya.

Pada moment ini juga dilakukan penyerahan penghargaan BKN Award 2023 terkait Manajemen Kepegawaian kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang. 2 (dua) kabupaten yang juga mendapatkan penghargaan BKN Award 2023, yakni Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Diskominfo Babel
Editor: 
Defia Yunita (Sub Koordinator Kepangkatan)
Sumber: 
BKPSDMD Babel

Berita

15/01/2020 | BKPSDMD
24,742 kali dilihat
19/05/2016 | BKPSDMD
12,638 kali dilihat
25/08/2023 | BKPSDMD Babel
10,115 kali dilihat
18/03/2021 | BKPSDMD Babel
9,605 kali dilihat
23/08/2021 | BKPSDMD Babel
5,219 kali dilihat
16/12/2016 | BKPSDMD
5,017 kali dilihat
23/09/2022 | BKPSDMD Provinsi Kepula...
4,512 kali dilihat