Pemprov. Kep. Babel Tandatangani MoU Penempatan Lulusan PKN STAN

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaui Badan kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) mengikuti seremoni virtual penandatanganan nota kesepahaman penempatan lulusan PKN STAN tahun 2020 antara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI dengan 54 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, di Ruang Romodong, lantai 1 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (12/11/2020).

Sekretaris Jenderal Kemenkeu RI, Hadiyanto, mengatakan pengoptimalan pengelolaan APBN dan APBD membutuhkan SDM yang mumpuni.

“Dalam rangka terus memperbaiki dan mengoptimalkan pengelolaan APBN dan APBD, diperlukan SDM yang kompeten dan andal. Untuk itu, Kemenkeu RI telah merekrut putera-puteri terbaik dari seluruh pelosok tanah air untuk dididik dalam proses akademik di PKN STAN,” katanya melalui aplikasi zoom.

Hadiyanto menyatakan bahwa lulusan PKN STAN telah memenuhi kebutuhan pekerjaan keuangan dan Kementerian/Lembaga serta Pemda.

“Dari penelitian yang kita lakukan, para lulusan PKN STAN tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan keuangan tapi juga untuk memenuhi kebutuhan Kementerian/Lembaga dan Pemda,” katanya.

Dilanjutkannya, lulusan PKN STAN memberikan kontribusi penting dalam pengelolaan sebagian besar belanja negara.

“Sekitar dua per tiga belanja negara dalam APBN pada dasarnya dikelola oleh Kementerian/Lembaga dan Pemda. Penyediaan SDM keuangan PKN STAN bahkan telah menjadi back bone bagi program tertentu di Kemenkeu RI,” lanjutnya.

Hadiyanto juga menjelaskan, penilaian hasil penempatan lulusan PKN STAN di Kementerian/Lembaga dan Pemda dinilai baik.

“Kemenkeu RI telah menempatkan 1.771 lulusan PKN STAN pada 44 Kementerian/Lembaga dan Pemda. Berdasarkan evaluasi yang kami lakukan pada tahun 2018 diperoleh bahwa penggunaan lulusan PNK STAN, penilaian kinerja oleh atasan langsung memiliki skor 4 ,19 dari skala 5. Selanjutnya evaluasi tahun 2019 skor kepuasannya meningkat menjadi 4,23. Hal ini menunjukkan bahwa penempatan lulusan PKN STAN pada Kementerian/Lembaga dan Pemda telah sesuai dengan ekspektasi kinerja yang diharapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Babel diwakili oleh Sekretaris Daerah, Naziarto didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan, Suwarno dan Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Muhammad Erisco Nurrahman.

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Datinpeg BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD