Good Will dan Mindset Modal Gerakkan Pariwisata

Pangkalpinang – Membangun pariwisata adalah tugas bersama, dimana setiap Perangkat Daerah terkait beserta pemangku kepentingan duduk dan bergerak bersama untuk tujuan yang sama, yakni memajukan pariwisata Bangka Belitung.

Demikian disampaikan Asisten Administrasi Umum, Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Setda Babel), Darlan saat menyampaikan sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel pada kegiatan Diklat Pengembangan ASN Pariwisata di Era New Normal, di Aula Natar Praja, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (20/10/2020).

Darlan mengatakan, keinginan dan pola pikir yang sama merupakan modal utama menggerakkan pariwisata.

“Pariwisata ini harus “dikeroyok”, baik pemerintah, swasta dan yang terpenting masyarakat. Dan kita semua harus memiliki good will dan mindset yang sama untuk menggerakkan pariwisata,” katanya.

Darlan menjelaskan, penggerakan pariwisata memberikan dampak yang luas bagi kemaslahatan.

“Pariwisata ini multiplier effect-nya kemana-mana. Dampaknya untuk sektor ekonomi saja bisa masuk kemana-mana, mulai dari transportasi, akomodasi, kuliner, ekraf, pemandu wisata, semua sektor terkena dampak positifnya,” jelasnya.

Darlan berpesan, agar para peserta diklat mampu menyerap ilmu yang diberikan hingga 27 Oktober mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan diklat ini, karena ini sangat penting. Narsumber kitapun sangat berkompeten. Ada Pak Yan Megawandi, Widyaiswara Utama yang sebelumnya lama menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan juga ada yang dari Kementerian Pariwisata. Jadi, saya minta kepada anda-anda semua untuk bersungguh-sungguh mengikuti diklat ini,” pesannya.

Selain itu, Darlan juga mengharapkan adanya penambahan nilai tambah yang diperoleh para peserta dari diklat ini.

“Ikut diklat apapun, jangan seperti masuk sampah keluar sampah. Harus ada nilai tambahnya, harus ada perbendaharaan baru. Kemudian, secara konsep dan mindset juga berubah jauh lebih maju,” harapnya.

Diklat Pengembangan ASN Pariwisata di Era New Normal diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta dari setiap Perangkat Daerah yang termasuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi (RIPPARPROV) Babel.

Beberapa tujuan diklat yang ingin dicapai, antara lain peserta dapat mengembangkan karakteristik kewirausahaan pariwisata, terwujudnya peningkatan pengetahuan serta dapat berinovasi untuk mengembangkan pariwisata, peserta memiliki motivasi yang tinggi dan berani mengambil resiko serta dapat pro aktif untuk dapat memajukan pariwisata .

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Datinpeg BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD