Hari Kesaktian Pancasila, Sahirman: Maknai Pancasila Dalam Kehidupan

Pangkalpinang – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sahirman mengajak memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan.

“Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya kita peringati sebagai hari besar saja. Terlebih dari itu dan yang terpenting bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ucap Sahirman, Kamis (1/10/2020).

Sahirman yang kini juga menjabat Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bangka Barat juga mengatakan, nilai-nilai dalam Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan pribadi dan sosial.

“Lima dasar fundamental yang terkandung dalam Pancasila, sejatinya harus kita terapkan dalam kehidupan pribadi dan sosial kita. Sehingga Pancasila akan selalu hidup dalam hati kita,” katanya.

Hampir empat tahun Sahirman menjabat sebagai Kepala BKPSDMD Babel sejak 2017. Sebelumnya, Sahirman menjabat Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Babel, terhitung  sejak Januari 2015 hingga Januari 2017.  Agustus 2013 hingga Januari 2015, Sahirman menjabat sebagai Inspektur Babel. Sahirman juga memangku jabatan sebagai Kepala Dinas Sosial Babel pada April 2010 hingga Agustus 2013 dan menjabat sebagai Kepala Biro Kesejahteraan pada Jani 2008 hingga April 2010.

Kembali disampaikannya, Situasi Indonesia khususnya Babel yang sedang menjalani masa Normal Baru akibat pandemi Covid-19, nilai-nilai Pancasila harus terus dikokohkan.

“Masa pandemi yang kita jalani saat ini harus kita jadikan suatu pembelajaran. Menyesuaikan diri dengan implementasi nilai-nilai Pancasila yang semakin diperkuat agar kita semua tidak terpecah belah dengan berbagai teori yang tak bertanggung jawab,” tuturnya.

Terakhir dikatakan Sahirman, hidup berlandaskan nilai-nilai Pancasila akan memupuk rasa kebersamaan dalam kehidupan sosial.

“Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasil dalam kehidupan kita sehari-hari atau bermasyarakat, akan menciptakan kedamaian karena adanya rasa kebersamaan yang tercipta dari nilai-nilai Pancasila tersebut,” katanya.

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Datinpeg BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD