BKPSDMD Babel Selesaikan Visitasi Akreditasi PKA dan PKP

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan telah menyelesaikan Visitasi Akreditasi BKPSDMD Babel secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Rabu (5/8/2020).

Visitasi akreditasi dilakukan oleh Tim Asessor Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI terhadap penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator atau yang dikenal dengan Diklat PIM III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas atau yang dikenal dengan Diklat PIM IV.

Kepala Bidang Pengembangan SDM, Mohamad Iqbalsyah mengatakan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk memperoleh validasi data terkait penyelenggaraan pelatihan dimaksud.

“Rapat ini dilaksanakan dengan maksud untuk mendapatkan konfirmasi dan validasi data-data usulan terkait dengan pelatihan kepemimpinan yang telah dilaksanakan periode 2018-2020 yang meliputi unsur organisasi lembaga, program dan pengelolaan program diklat,” jelas Iqbalsyah usai visitasi, di Kantor BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (5/8/2020).

Dirinya berharap dapat menghimpun saran dan masukan yang membangun bagi penyelenggaraan PKA dan PKP kedepan.

“Besar harapan kami, kegiatan ini dapat memberikan saran serta masukan yang positif untuk lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan di Bumi Serumpun Sebalai,” harapnya.

Proses akreditasi ini dimulai dari pemberitahuan rencana akreditasi; penyampaian kesiapan diakreditasi; pemeriksaan kelengkapan data; penelitian dan penilaian unsur; sub unsur dan komponen akreditasi; verifikasi data dan dokumen melalui visitasi; siding penilaian akreditasi; penyampaian hasil penilaian akreditasi lembaga diklat; penerbitan keputusan akreditasi

Ketua Tim Asessor LAN RI, Hartoto menerangkan bahwa sebagian besar dokumen yang disampaikan BKPSDMD Babel sudah sesuai.

“Sebagai catatan umum yang kita sampaikan dalam paparan visitasi ini bahwa dokumen yang disampaikan secara substantif sebagian besar sesuai dengan syarat, secara teknis sebagian dokumen yang diupload sudah tersusun dengan rapi, walau masih terdapat dokumen yang belum lengkap,’ terang Hartoto.

Kepala Sub Bidang Kelembagaan dan Kerjasama, Satriyo mengatakan bahwa hingga 7 (tujuh) hari kedepan BKPSDMD Babel akan menyampaikan dokumen yang direkomendasikan.

“Kalau melihat Berita Acara, kita berpikir dan berharap positif. Karena, rekomendasi perbaikan data masih terjangkau, sesuai dengan saram assessor. Penyampaian data rekomendasi itu sampai 7 hari kedepan,” kata Satriyo.

Dirinya berharap, hasil penyampaian data rekomendasi tersebut dapat mencukupi nilai akreditasi.

“Mudah-mudahan saat sidang akhir Agustus nanti, dari hasil penambahan data tersebut dapat mendongkrak nilai akreditasi untuk masing-masing PKA dan PKP dengan maksimal,” harapnya.

Acara visitasi akreditasi terdiri dari beberapa agenda, yakni Overview Kebijakan Akreditasi, Catatan Hasil Verifikasi Sementara, Visitasi dan Penyusunan dan Penandatangan Berita Acara.

Hadir pada acara, Tim Pengelola Pelatihan (Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas BKPSDMD Babel), Tim Penyelenggara (jajaran Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial), Komite Penjamin Mutu, Pengelola SIPKA, Perpustakaan, staf IT Sub Bidang PSDM dan Kerjasama, Widyaiswara dan Alumni.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD