BKPSDMD Babel Raih Juara IV PWBI 2020

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) keluar sebagai Juara Harapan Satu pada Penghargaan Wajah Bahasa Instansi (PWBI) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Babel, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang digelar beberapa waktu lalu.

Mewakili Kepala BKPSDMD Babel, Kepala Bidang Penilaian Kinerja, Informasi dan Kesejahteraan ASN, Abdul Ghoni menanggapi positif atas partisipasi ini.

“Kita senang dan bangga bisa ikut kegiatan positif ini, ikut membudayakan penggunaan Bahasa Negara, yakni Bahasa Indonesia di daerah kita terutama di ruang publik,” kata Abdul Ghoni usai menerima hadiah, di Hotel Cordela Pangkalpinang, Rabu (5/8/2020).

Menurut Abdul Ghoni kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu upaya guna menginspirasi instansi lain dalam hal penggunaan Bahasa Negara.

“Menurut saya kegiatan ini bagus sekali karena bisa menjadi inspirasi bagi instansi lain untuk mulai menerapkan penggunaan Bahasa Indonesia sesuai kaidah,” ucapnya.

Abdul Ghoni juga berharap upaya ini dapat diikuti oleh setiap instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita berharap walaupun tidak ikut lomba, namun upaya membudayakan penggunaan Bahasa Negara di ruang publik ini dapat segera diterapkan oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” harapnya.

Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Yani Paryono menerangkan bahwa upaya ini bertujuan meningkatkan ketertiban penggunaan Bahasa Negara di ruang publik.

“PWBI ini merupakan media dari Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik yang bertujuan untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,” terang Yani.

Menurutnya, penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cukup terkendali.

“Secara umum penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terkendali, artinya pengutamaan Bahasa Indonesia pada instansi pemerintah masih dominan,” katanya.

Para pemenang Penghargaan Wajah Bahasa Instansi, Kategori Instansi Pemerintah, yakni Juara I RSUD Bangka Selatan, Juara II UPT Puskesmas Tanjungpandan, Juara III Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Juara IV BKPSDMD Babel dan Juara V Pengadilan Negeri Pangkalpinang.

Penghargaan Wajah Bahasa Instansi, Kategori Instansi Swasta diraih oleh, Juara I STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Juara II RSIA Muhaya Pangkalpinang, Juara III STIE Pertiba Pangkalpinang, Juara IV STIE IBEK Pangkalpinang dan Juara V Hotel Novilla Bangka.

Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah, Kategori SMA/SMK/MA, antara lain Juara I SMA Negeri 1 Namang, Juara II SMA Negeri 1 Sungailiat, Juara III SMK Negeri 1 Dendang, Juara IV SMK Negeri 1 Sungailiat dan Juara V SMK Bhakti Pangkalpinang.

Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah, Kategori SMP/MTs, yakni Juara I SMP Negeri 2 Pangkalpinang, Juara II SMP Negeri 3 Toboali, Juara III SMP Negeri 8 Pangkalpinang, Juara IV SMP Negeri 1 Koba dan Juara V SMP Negeri 1 Payung.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD