BKPSDM Babel Mantapkan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) semakin memantapkan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease – 19 (Covid-19).

Sekretaris BKPSDMD Babel, Umi Kalsum mengatakan berbagai upaya pencegahan dilakukan sebagai bentuk antisipasi dini bagi seluruh pegawai.

“Upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini kita lakukan untuk antisipasi. Tidak hanya kebersihan pribadi kita masing-masing, tapi kebersihan lingkungan kerja juga harus kita jaga,” kata Umi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/3/2020) lalu.

BKPSDMD Babel mulai melakukan pemeriksaan suhu tubuh pegawai sebanyak 2 (dua) kali sehari, yakni ketika datang dan sebelum pulang. Jika terdapat pegawai dengan suhu tubuh tinggi atau melebihi 37,5 derajat celcius, maka pegawai tersebut diminta untuk pulang atau segera memeriksakan diri.

Pemeriksaan suhu tubuh tidak hanya dilakukan kepada para pegawai saja, tapi juga kepada para tamu yang hendak masuk ke lingkungan BKPSDMD Babel. Hal ini dilakukan dengan disiplin agar dapat mendeteksi gejala awal Covid-19.

Umi juga mengatakan bahwa BKPSDMD Babel juga menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di beberapa titik area gedung kantor.

“Kami juga menyediakan cairan pembersih tangan di beberapa titik. Ada yang di dekat mesin sidik jari, ada juga yang di dekat pintu. Mudah-mudahan cukup untuk kita semua, karena masih banyak teman-teman kita di luar sana yang juga membutuhkan,” katanya.

Kepala Sub Bagian Umum, Denny Efandhona mengatakan upaya pencegahan juga dilakukan dengan memberikan semprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan, yang digunakan untuk bekerja.

“Hari ini, kawan-kawan kita dari PMI juga datang ke kantor kita untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di ruang-ruang kerja. Upaya ini juga membantu kita meningkatkan pencegahan dan teman-teman yang bekerja juga aman,” kata Denny yang ditemui di Kantor BKPSDMD Babel, Senin (23/3).

Arbian Eka Putra, Kepala Bidang Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Babel menyampaikan bahwa dalam pencegahan penyebaran Covid-19, lingkungan kerja harus selalu dalam kondisi bersih dan sehat.

“Hari ini kami melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa ruangan yang aktif digunakan sebagai ruang kerja di BKPSDMD Babel. Hal ini dilakukan, karena lingkungan kerja juga salah satu lingkungan yang memiliki resiko penyebaran Covid-19,” kata Arbian.

Sebelum dilakukan penyemprotan, para pegawai diminta untuk keluar ruangan terlebih dahulu dan kembali lagi setelah 30 (tiga puluh) menit kemudian. Para pegawai BKPSDMD Babel juga telah menerapkan jadwal kerja bergiliran, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD