Yanuar Pimpin Rapat Pemantapan Wakil Ketua III Pornas XV/2019

Pangkalpinang – Wakil Ketua II dalam kepanitiaan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai RI (Pornas Korpri) XV/2019 mengadakan rapat pemantapan empat seksi yang dibawahinya, yakni Seksi Penyiaran/Pelayanan Media dan Dokumentasi, Seksi Pengerahan Massa, Seksi Pemasaran, Promosi dan Marketing, serta Seksi Kebersihan, di Ruang Tanjung Krasak, Gedung Belajar Gunung Maras, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Ranu (2/10/2019).

Yanuar, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Babel selaku Wakil Ketua III berharap agar keempat seksi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik agar penyelenggaraan Pornas sukses dan meriah.

“Rapat kita hari ini, kita ingin melihat persiapan kita sudah sampai dimana, khususnya seksi-seksi yang hadir saat ini. Apalagi ini event nasional. Kita berharap, sebagai tuan rumah, kita dapat membuat acara ini menjadi meriah, ramai penontonnya dan sukses,” harap Yanuar.

Rita Aryani, Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Babel selaku Seksi Pengerahan Massa menyampaikan bahwa kebutuhan massa harus diperhitungkan dengan tepat.

“Kita harus tahu pertandingan mana yang kira-kira membutuhkan banyak massa, seperti futsal, voli, bulutangkis dan yang lainnya. Sementara kalau pertandingan catur kan tidak boleh berisik. Jangan sampai mengganggu juga. Jadi kita sesuaikan. Jadwal pertandingannya juga nanti kita minta. Kemana dan kapan saja massa ini harus dikerahkan,” kata Rita.

Sementara dari Seksi Pemasaran, Promosi dan Marketing, Elfiyena, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Dinas KUMKM) Babel mengatakan bahwa untuk merapaikan penyelenggaraag Pornas, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Kami akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota dan pihak-pihak terkait lainnya, supaya dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini juga kesempatan kita, khususnya pengusaha UMKM  memperkenalkan produk unggulan Bangka Belitung. Jadi di setiap venue atau spot-spot yang strategis kita buka stan, supaya mudah didapat oleh para kontingen,” kata Elfiyena.

Elfiyena juga mengatakan bahwa pihaknya harus mengetahui lokasi pertandingan untuk memetakan penempatan stan UMKM.

“Kita harus tahu lokasi pertandingan tepatnya seperti apa, memungkinkan untuk menempatkan stan berapa banyak. Kemudian juga di bebetapa spot yang dianggap strategis, seperti hotel, kalau bisa kita sediakan juga,” tambahnya.

Terkait hal ini, Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman selaku Ketua berpendapat bahwa sebaiknya promosi produk UMKM digelar pada pertandingan yang ramai dikunjungi.

“Baiknya promosi produk UMKM kita dilakukan di pertandingan-pertandingan yang ramai. Supaya lebih mudah dikenal masyarakat luar, syukur-syukur banyak juga pembelinya,” kata Sahirman.

K. A Cholil, Kepala Biro Umum, Sekretariat Daerah Babel selaku Seksi Penyiaran/Pelayanan Media dan Dokumentasi menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Babel.

“Kita akan berkoordinasi dengan Diskominfo, disesuaikan juga dengan kesediaan dana yang ada. Bagian mana saja yang dapat kita upayakan,” kata K. A Cholil.

Sebelum menutup rapat, Yanuar kembali menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pornas merupakan kesempat untuk mengangkat produk unggulan daerah.

“Untuk Seksi Pemasaran dan Marketing, segera hubungi UMKM kita, supaya mereka bisa melakukan persiapan yang bagus. Baju kaos dengan logo Pornas kemungkinan juga akan ramai dicari. Kemudian souvenir seperti kerajinan timah, mug atau gantungan kunci, tinggal dikreasikan,” tutupnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD