Touring Malam di Pulau Bangka Ala Rachmat Sang Widyaiswara

Persepsi masyarakat tradisional

       Wow menyeramkan bagi sebagian orang, tapi sebagian lagi yang punya adrenalin ini tantangan untuk touring di malam hari. Gelap, sepi, menegangkan, bulu kuduk merinding pokoknya sejuta ketidaknyamanan dirasakan. Penulis penyuka tantangan sekaligus pelaku touring di malam hari dengan berkendaraan roda dua justru memberikan suatu tantangan menarik karena jarang sekali dilakukan dan tidak lazim, ini wisata terbaru yang layak dijual kepada wisatawan dalam negeri dan luar negeri.  Touring di malam hari adalah sebuah alternatif menikmati perjalanan selain siang hari tentu ada beberapa hal yang berbeda ditemui di lapangan. Touring dan berkendara motor jarak jauh memerlukan perhitungan waktu dan jarak yang tepat, agar touring menjadi menyenangkan.

Untuk melakukan touring dipersiapkan Time Management yang baik akurat, agar kesehatan / stamina terpelihara dengan optimal. Merencanakan  agenda touring, jadwal, lokasi yang dituju, jarak, dan anggaran. Dari pengalaman penulis sebagai Rider yang sudah berkali-kali melakukan hal tersebut di Pulau Bangka dan luar Bangka banyak hal harus disiapkan tidak ada yang terlupakan. Penulis senantiasa beraktivitas sendirian / pemain tunggal kecuali ada teman-teman bule dari luar negeri, berbeda dengan teman-teman lain melakukan dengan rombongan namun saling sapa di tengah perjalanan, memberikan informasi kondisi jalan/jembatan di depan,cuaca,keamanan. Berpapasan sesama para bikers toruing di malam biasanya akan saling saling tegur sapa dengan klakson khas masing-masing. Saat istirahat bersama dimana berkumpul dengan teman-teman sesama rider sangat membahagiakan dengan canda tawa dan berbagi cerita.

Touring malam hari memang menyenangkan karena memberikan sensasi tersendiri terhadap pribadi maupun orang lain yang melihatnya. Asyik sekali itu yang mendorong saya untuk melakukan hobi semacam ini yang langka bagi orang lain. Serunya perjalanan menghilangkan rasa pegal untuk menjadi penjelajah malam hari mengingat orang lain menikmati tidur dengan nyenyak sebaliknya penulis melakukannya berkendara dengan motor ratusan kilo meter dari ujung selatan Pulau Bangka menuju Tengah,Barat,Timur,Utara. Biasanya ketika touring, biker akan melewati berbagai daerah dan kota, kesempatan untuk mengamati dan mendalami sosial budaya setempat yang ada di sana dengan mengabadikannya melalui video,kamera,dan sebagainya. Misalnya ketika melewati bersifat ritual tradisional, pesta adat pada malam hari di sebuah desa pedalaman, Di sana kita bisa mengamati bagaimana para warga lokal saling berinteraksi, bahkan bisa mencicipi penganan/kuliner khas, bernyanyi,menari dengan corak daerah.

Serunya touring di malam hari

Beberapa hal kelebihan dari kegiatan touring malam, yaitu:

1. Pengalaman baru bertambah

Pengalaman berkendara sepeda motor yang terus dijalani. Hal ini bermula dari perjalanan bersama dengan teman-teman dari luar negeri dan pada akhirnya tercetus saya ingin jalan sendiri, yaitu dengan rute Pulau Jawa,Bangka Belitung, daerah lain dan luar negeri. Dari pengalaman tersebut penulis mendapatkan suatu impian tersendiri bagaimana nikmatnya berkendara seorang diri. Saya menikmati berkendara seorang diri tanpa ada tekanan atau paksaan dari orang lain,nikmatnya luar biasa. Mengatur diri sendiri dengan agenda sendiri kapan mau berangkat, beristirahat dimana untuk ngopi, mengambil foto, dan sebagainya yang penting safety riding mengikuti peraturan yang berlaku secara internasional. Menuliskan apa yang ditemukan dan dilakukan di lapangan dalam buku harian, ini tentu sangat berguna terhadap widayaiswara karena akan menambah wawasan dan menuangkannya dalam pengayaan bahan ajar sehingga tidak terpaku dengan modul/bahan ajar yang didapatkan dari LAN atau lembaga lainnya. Lapangan adalah guru terbaik untuk bercermin serta evaluasi bagaimana membuat peserta diklat tidak mudah mengantuk/bosan namun selalu ceria karena tertarik dengan wacana baru,pertanyaan audien akan bergantian dijamin riuh dan kekurangan jam mengajar. memberikan kesan dan pengalaman tersendiri, menempuh pekatnya malam baik di track/jalur utama maupun alternatif

2. Informasi 

Jaringan informasi melalui media sosial / internet begitu cepat memberikan informasi bermanfaat dengan baik. Mudah mengakses dengan dukungan jaringan provider seluler tersedia di lokasi dituju,terjalinnya pertemanan di sosial media secara luas, melalui berbagai hal seperti akun facebook, twitter, path, instagram, BBM,Wa,web dan sebagainya. Berita,promosi wisata cepat tersampaikan apakah tulisan maupun foto berbeda dari lainnya untuk pembangunan karena  memberikan keuntungan luar biasa bagi pemerintah,bisnis,budayawan,pendidik,inspirator dan lainnya.

3. Mental

Jiwa akan lebih tertempa lebih kuat,  pengalaman pribadi membuktikan semakin kuat tantangan yang dihadapi di lapangan mental lebih siap menghadapi berbagai macam situasi dan kondisi darurat sekalipun. Touring adalah satu langkah berani yang dimulai dari rute berbeda  jarak pendek yang kemudian berkembang dengan rute jarak mengah dan rute jarak jauh. Hal inilah yang menumbuhkan rasa percaya diri dalam menjalankan touring tanpa ada rasa takut dan ragu-ragu.

4. Jalanan mulai sepi

Di malam hari, apalagi sudah dini hari, orang-orang/masyarakat juga udah banyak beristirahat di rumah/penginapan masing-masing. penulis di jalanan dengan kecepatan cukup dengan tetap waspada menyusuri jalan yang dilewati. Sistem pencahayaan pada kendaraan bermotor merupakan unsur paling utama ketika touring motor pada malam hari. Memberikan kesan dan pengalaman tersendiri, menempuh pekatnya malam baik di track/jalur utama maupun alternatif dengan percaya diri.

5. Kesejukan dan keheningan

Jalanan di malam hari relatif lebih sejuk, tubuh menjadi nyaman karena peluh dengan keringa tidak ada. Mesin motor juga menjadi relatif lebih dingin, tidak khawatir kemungkinan bisa overheat.

6.  Mudah mengetahui kendaraan di tikungan

Gelapnya jalanan/lingkungan, tentu  membuat pengendara lain juga jadi menyalakan lampu. Di twisty road, atau jalanan yang banyak kelokannya, lampu mobil atau motor dari arah berlawanan bisa dipantau dengan mudah. Kita akan tahu ditikungan itu nantinya ada mobil atau motor apa tidak, antisipasi dapat dilakukan dengan cepat.

7. Mendapat informasi mistis

Riding malam memang aduhai, ketika singgah di warung untuk istirahat melepas lelah lalu minum dan makan seringkali penduduk lokal bercerita mengenai cerita horor yang seringkali terjadi dijalanan yang akan dilewati berikutnya. Seru ceritanya menambah  kenikmatan tersendiri karena kita harus percaya kepada allah karena mahluk halus memang ada di sekitar kita yang penting keimanan harus kuat. Bertemu mahluk malam terlihat dan tidak terlihat adalah hal biasa sebagai raider namun tidak menciutkan nyali, percaya diri semua adalah kenyataan tidak perlu ragu untuk melintas meskipun penampakan secara kilat dialami penulis di tempat hutan yang gelap.

Kesehatan

Upaya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh  yang sekecil apapun apabila kita mengabaikannya akan berpengaruh besar dan di samping mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jaket Touring Motor memang dibuat khusus untuk perjalanan jauh sehingga akan aman melindungi tubuh kita dan tidak akan terkena resiko yang tidak diinginkan. Tubuh sangat rentan sekali akan masuk angin sehingga dapat terserang penyakit yang bisa membuat kita sakit dikala melakukan perjalanan jauh di malam hari jika tidak memakai pelindung (jaket) yang tepat. Kondisi sebugar mungkin hendak terjaga  menghindari kantuk saat perjalanan malam. Kebiasaan penulis untuk tidur ketika mulai mengantuk akan berhenti di tempat tertentu,  menyiapkan perjalanan sangat penting bagi pengendara, hawa malam akan sangat membuaikan bagi pengendara malam kalau tidak waspada maka ketika istirahat sejenak diikuti dengan minum suplemen, obat kebutuhan sehari-hari,makanan kecil dan minum air putih yang cukup. Penggunaan helm,pelindung lutut dan siku standar wajib digunakan untuk keselamatan karena ini pendukung yang perlu diperhatikan agar tidak menggagalkan menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Kesehatan panca indra khususnya mata bisa terjaga dengan baik karena mempengaruhi penglihatan dalam perjalanan malam maka dibutuhkan kebugaran yang prima setiap hari apalagi penulis minggu melakukan perjalanan setiap minggu ke berbagai daerah tidak lupa memakai kaca mata khusus.

Kewaspadaan

Tetap waspada dan berkendara sesuai aturan dengan kondisi kendaraan prima, SIM,STNK,KIS,uang tunai secukupnya selalu tersimpan di dompet begitu juga perlengkapan kendaraan yang standar tak hanya demi keselamatan diri sendiri. Dalam touring malam kewaspadaan tinggi diperioritaskan mengingat kadangkala rencana diharapkan kadangkala menghadang seperti kasus kriminalitas begal, rusak bocor ban  di lokasi jauh dari pemukiman penduduk. Hewan yang suka melintas di malam hari selain anjing perlu diwaspadai juga seperti babi hutan, ular dan binatang melata lainya yang berbisa. Peralatan penerang selain lampu motor selalu tersedia dengan sigap seperti senter dan sejenis.

Rekreasi

Aktivitas melakukan petualangan perjalanan jarak jauh/touring dengan kendaraan sepeda motor bisa menjadi sarana rekreasi guna melepas kepenatan dan stres setelah saban hari bekerja. Menikmati di berbagai jenis lintasan jalan yang dilalui tak hanya memberikan tantangan tersendiri, tapi juga menghibur diri. Melihat pemandangan malam tentu jauh berbeda dengan siang hari sebab di malam hari kita bisa melihat hewan malam pulang ke sarangnya maupun berkeliaran di alam seperti :

Selain itu rekreasi menarik lainnya seperti pemandangan malam hutan perwan di bawah sinar rembulan dalam cuaca yang cerah. Mendengar suara-  yang berbeda di tempat lain memberikan nuansa nyentrik berbeda dari setiap lokasi yang dituju. Tak kalah pentingnya menonton budaya lokal yang sedang berlatih maupun melakukan pertunjukan di panggung dengan kearifan lokal yang mereka miliki,tampilan kesederhanaan, keceriaan dan keramahan asli penduduk yang dilewati nampak dengan kemasan menarik itulah kebhinnekaan yang dimiliki negeri tercinta Indonesia.

Manfaat untuk widyaiswara

Widyaiswara adalah soko gurunya BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wajib memiliki wawasan yang luas tidak terpaku dengan pengetahuan yang diperoleh dari bangku diklat saja namun dapat mengaplikasikannya secara matang kepada konsumennya. Di era masa kekinian tidak hanya teknologi dikuasai tapi alam sekitarnya harus dikuasai sehingga keilmuan yang dimiliki dapat memberikan perubahan yang senyatanya tidak mutlak teoritis. Inilah area perubahan yang dicanangkan dari waktu ke waktu kapan realitanya terjadi tergantung dari kesepakatan bersama. "Perubahan dimulai saat seseorang mengetahui langkah selanjutnya."  (William Drayton).

Touring malam memberikan dampak terhadap penulis sebagai widyaiswara

Penulis: 
Rachmat Bahmim Safiri,S.H.,M.Si – WI Madya BKPSDMD
Sumber: 
BKPSDMD

Artikel

04/07/2017 | Herru Hardiyansah, S.Kom - Prakom Muda pada BKPSDMD
18/12/2017 | Wawan Setiawan, S.Si - Pranata Komputer Muda BKPSDMD
18/07/2017 | Abdul Sani, S.Pd.I - Widyaiswara Muda pada BKPSDMD Babel
09/05/2017 | Fitra Hartini, SE - Calon Peneliti Bappelitbangda Prov. Kep.