Titik Beratkan Acara Pembukaan, Babel Siap Sambut Para Kontingen Pornas Korpri  XV/2019

Pangkalpinang – Salah satu yang menjadi titik berat dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Negeri RI (Pornas Korpri) XV Tahun 2019 ada pada acara pembukaan. Ini kesempatan Bangka Belitung untuk memberikan acara penyambutan yang berkesan, sekaligus pemantik semangat para kontingen untuk bertanding.

Demikian dikatakan Sahirman, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) dalam rapat pemantapan bersama 4 seksi yang dibawahi oleh Wakil Ketua II dalam kepanitiaan Pornas Korpri XV/2019, di Ruang Tanjung Krasak, Gedung Belajar Gunung Maras, BKPSDMD Babel, Pangkalpinang, Selasa (1/10/2019).

Adapun 4 seksi yang dibawahi Wakil Ketua II, antara lain Seksi Acara, Seksi Transportasi, Seksi Akomodasi dan Konsumsi, serta Seksi Keamanan.

Engkus Kuswenda, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibsudpar ) Babel selaku Seksi Acara memaparkan 3 rangkaian acara.

“Pada rapat pemantapan kali ini, kami selaku Seksi Acara ada 3 hal yang ditugaskan, yakni Acara Pembukaan, Gala Dinner dan Acara Penutupan. Semuanya dipaparkan untuk dibahas bersama, agar persiapannya benar-benar matang,” kata Engkus.

Engkus juga menyampaikan beberapa pilihan perlengkapan dan hiburan untuk acara pembukaan, gala dinner dan acara penutupan.

“Kita punya beberapa bedug yang bisa digunakan pada acara pembukaan. Kalau pakai gong, bisa kita usahakan. Tarian juga ada beberapa pilihan, ada Tari Kedidi, Campak Dalung atau Bedincak. Kebetulan “Bedincak” ini memang sedang disosialisasikan, bisa sekalian kita perkenalkan pada para tamu,” katanya.

Acara Pembukaan dan Penutupan akan dilangsungkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Sahabuddin dan Gala Dinner akan digelar di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel, Pangkalpinang.

Megawati Soeroso, Kepala Bidang Pengendalian dan Kebandarudaraan, Dinas Perhubungan (Dishub) Babel selaku Seksi Transportasi menyampaikan bahwa urusan transportasi dan Liaison Officer (LO) berhubungan erat.

“Transportasi dan LO sangat berkaitan erat. Kontingen akan menghubungi para LO dan mereka akan menyewa kendaraan. Kesediaan LO kita sebanyak 40 orang. Kalau nanti LO-nya kurang, 1 LO mengakomodir 2 kontingen,” kata Megawati.

Megawati juga mengatakan perlu adanya kesepakatan harga sewa kendaraan dari para agen perjalanan.

“Harga sewa kendaraan harus kita seragamkan. Jangan sampai nanti antara satu kontingen dengan kontingen yang lain tapi kendaraannya sama, harganya berbeda. Mengenai harga sewa ini, harus kita rapatkan dengan para agen perjalanan yang ada,” katanya.

Beberapa hal lain yang juga dibahas dalam rapat pemantapan, antara lain masalah kantong parkir, pengaturan kendaraan kontingen di area Bandar udara, dan kebutuhan anggota Satpol PP di tempat-tempat pertandingan.

Di samping itu, setiap seksi diajak untuk mengunjungi setiap tempat pertandingan, agar mudah mendapatkan gambaran dan melihat langsung keadaan tempat pertandingan itu sendiri pada hari Kamis (3/10).

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD