Tim Assessment BKPSDMD Babel Fasilitasi Seleksi JPT Pratama Bangka Barat

Pangkalpinang – Tim Assessment Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali bertugas pada seleksi jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Kali ini, Tim Assessment bertugas untuk seleksi JPT Pratama Eselon IIb Kabupaten Bangka Barat.

Assessment dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor: 800/279/4.5.1.1/VII/2020 tanggal 26 Mei 2020 tentang Surat Permohonan Tenaga Assessor Seleksi JPT Sekretaris Daerah dan Eselon IIb Lainnya.

Ngadimun, Widyaiswara Madya selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa assessment berlangsung selama 3 (tiga) hari.

“Hari ini hari terakhir dari rangkaian assessment untuk seleksi jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Kali ini, Tim Assessment bertugas untuk seleksi JPT Pratama Eselon IIb Kabupaten Bangka Barat, yang dimulai dari tanggal 28 Juli kemarin,” kata Ngadimun melalui, di Kantor BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Jum’at (30/7/2020).

Ngadimun juga menerangkan bahwa ada sejumlah tahapan assessment yang harus dijalani oleh peserta.

“Untuk assessment ini sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Jadi selama 3 hari kita sudah melaksanakan seluruh rangkaian, seperti psikotest, self assessment, analisis kasus, LGD, hingga wawancara,” terangnya.

Pengukuran standar kompetensi mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Dijelaskannya bahwa proses assessment memberikan penilaian para peserta sesuai dengan posisi jabatan.

“Kompetensi yang dimiliki asesi apakah memenuhi syarat, masih memenuhi syarat atau kurang memenuhi syarat untuk menduduki JPT Pratama sebagaimana yang tertuang dalam Permen 38 Tahun 2017,” jelasnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara, terdapat sejumlah unsur yang harus dimiliki dalam Kompetensi Manajerial, yakni Integritas, Kerjasama, Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayanan Publik, Pengembangan Diri dan Orang Lain, Mengelola Perubahan dan Pengambilan Keputusan.

Seluruh peserta assessment berjumlah 19 (sembilan belas) orang, untuk jabatan Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Barat; Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik; Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD