Sosialisasi Sensus Penduduk, Sahirman Himbau Pegawai Isi Data Dengan Akurat

Pangkalpinang – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sahirman menghimbau seluruh pegawai untuk mengisi data Sensus Penduduk dengan akurat, karena sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan oleh Pemerintah Pusat.

“Data ini sangat penting untuk pembangunan Indonesia kedepan. Kalau salah kita mengisi data, dikhawatirkan Pemerintah Pusat keliru dalam mengambil keputusan,” himbau Sahirman saat menerima Tim Badan Pusat Statistik (BPS) Babel, di Aula Natar Praja BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, pengisian data Sensus Penduduk membutuhkan konsentrasi agar tidak memberikan data yang salah atau keliru.

“Mengisi data Sensus Penduduk ini harus konsentrasi, karena ini bukan perkara sepele, butuh keakuratan. Bagaimana mengisinya, apa saja yang diisi, atau kalau ada yang kurang jelas bisa bertanya ke teman-teman BPS,” katanya.

Kehadiran Tim BPS Babel untuk memberikan pendampingan pengisian data Sensus Penduduk kepada para pegawai di lingkup BKPSDMD Babel, baik yang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Tenaga Kontrak (PTK).

Para pegawai didampingi secara bergiliran hingga semua data terisi dengan benar. Para pegawai yang sudah mengisi data Sensus Penduduk juga dapat mendampingi para rekannya yang belum mengisi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Tata Usaha BPS Babel, Reflin Arda berharap Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memiliki persentase yang tinggi dalam monitoring pusat.

“Pendampingan ini sangat penting kami lakukan, agar nantinya saat dimonitor secara berjenjang oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri RI), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memiliki persentase partisipasi online yang tinggi. Upaya ini harus didukung oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan hari ini BKPSDM sebagai salah satu bukti dukungan tersebut,” harap Reflin.

Reflin juga menginformasikan bahwa Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto akan mengevaluasi melalui aplikasi yang disediakam BPS.

“Pak Sekda menjadwalkan hari Senin nanti ada Rakor Provinsi dengan seluruh OPD. Disana Pak Sekda akan menegaskan lagi dan meminta BPS menyiapkan sistem online untuk mengevaluasi. Dalam sistem tersebut kita siapkan nama-nama pegawai yang nanti bisa dimonitor langsung oleh Pak Sekda,” katanya.

Terakhir Reflin mengajak para pegawai untuk bersama-sama mendukung program Pemerintah ini.

“Saya ingin mengajak bapak-ibu semua untuk mengajak lagi keluarga terdekat, teman atau kerabat untuk berpartisipasi mendukung penyebarluasan informasi program Pemerintah kita,” ajaknya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto
Bidang Informasi: 
BKPSDMD