SKD Berakhir Lancar, Suwarno: Tetap Konsisten Belajar

Pangkalpinang – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (CPNS) tahun 2019 berakhir dengan lancar, Selasa (11/2/2020), sore hari.

Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Pengangkatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Suwarno berpesan agar para peserta dapat mempersiapkan diri untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah merampungkan Seleksi Kompetensi Dasar, tapi ini belum selesai, karena masih ada tahapan selanjutnya. Banyak belajar dan tetap konsisten mempersiapkan diri kalau lolos ke tahapan selanjutnya,” kata Suwarno yang ditemui usai Serah Terima Berita Acara Hasil SKD bersama Tim Badan Kepegawaian Negara (BKN), di lantai 4 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Koordinator Tim BKN, Ahmad Suhendi mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemprov. Kep. Babel yang telah melaksanakan seleksi dengan baik.

“Kami berterima kasih kepada panitia dari Babel yang sudah solid melaksanakan Seleksi Kompetensi  Dasar. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan lancar sampai tahapan terakhir,” ucap Suhendi.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKPSDMD Babel, Muhammad Erisco Nurrahman juga mengatakan bahwa SKD telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan SKD Pengadaan CPNS Pemprov. Babel 2019 berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan tahapan yang telah ditetapkan dalam Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode CAT BKN,” kata Erisco.

Dijelaskannya bahwa hampir seluruh peserta SKD menghadiri ujian seperti yang telah dijadwalkan.

“Seluruh peserta yang  mengikuti SKD berjumlah 4.237 orang, yang hadir hingga hari ini sekitar 91,72 %, selebihnya terlambat dan tidak datang. Artinya secara keseluruhan, pesertanya memang cukup banyak dan sesuai dengan persentase yang kita harapkan,” jelasnya.

Pelaksanaan SKD diawasi oleh Inspektorat Babel dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bangka Belitung. Dari data di lapangan tidak ditemukan kendala berarti.

Erisco juga menyampaikan bahwa terdapat peningkatan dari segi nilai ambang batas SKD tahun ini.

“Kita sudah mengidentifikasi peserta yang memenuhi nilai ambang batas, yakni sekitar 51%, artinya memang ada peningkatan di tahun sebelumnya yang memang persentasenya lebih kecil. Karena sesuai dengan Permenpan RB RI 24 Tahun 2019 untuk tahun ini ada penurunan passing grade, dimana TWK 65, TIU 80 dan TKP 126,” ucapnya.

Dirinya berharap bahwa para peserta selalu mengikuti perkembangan informasi dimedia sosial yang menjadi kanal resmi dari pelaksanaan Pengadaan CPNS Pemprov. Babel 2019.

“Harapan kami agar para peserta terus memantau pengolahan hasil secara keseluruhan yang dilakukan oleh BKN di media sosial resmi yang telah disediakan,” harapnya.

Pengolahan hasil SKD dilaporkan Panitia Seleksi Nasional BKN sesuai dengan aturan yang berlaku dimana untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), jumlah peserta sebanyak 3 kali kuota dari masing-masing formasi jabatan dan nilai yang diolah sesuai dengan nilai yang sudah dilaksanakan peserta pada saat mengikuti ujian di masing-masing sesi.

Jumlah total peserta yang hadir pada SKD yakni sebanyak 3.886 orang dan yang tidak hadir sebanyak 351 orang.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD