Sekjen Kemendagri Jadi Plt Gubernur Babel

BKD BABEL – Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Dalam Kemendagri, Yuswandi Tumenggung, akan menjadi pelaksana tugas (plt) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) selama masa cuti Gubernur dan Wagub Babel yang mengikuti Pilkada 2017. Gubernur Babel, Rustam Effendi menegaskan, siapapun yang ditunjuk menjadi Plt Gubernur diyakini mampu mengawal Babel selama tanpa kepala daerah. "Sudah pasti Sekjen Kemendagri.

Sebelum dilantik saya akan bertemu beliau, serah terima sekaligus memberikan gambaran kondisi Babel," ujarnya. Rustam Effendi meyakini jika Plt Gubernur merupakan pejabat yang telah mumpuni dibidang pemerintah, bahkan sebelum menjadi pejabat eselon I di kementerian, sudah menimba ilmu dan pengalaman di berbagai pemerintahan. "Ada beberapa hal yang saya titipkan, struktur organisasi tata kerja), anggaran dan pelaporan keuangan," tukasnya.

Sementara itu, Sekda Pemprov Babel, Dr. Yan Megawandi, M.Si menambahkan, setidaknya terdapat 5 tugas yang menjadi tugas utama plt Gubernur. "Besok (hari ini-red) akan dilantik dan akan diserah terimakan ke Babel, paling tidak ada 5 yang menjadi tugas Plt, menyusun SOTK, mengisi SOTK dengan pejabatnya, menyusun anggaran bersama DPRD, melaksanakan dan mesukseskan pilkada, dan menjaga ketertiban umum,” terang Sekda. Sekda menyebutkan, pejabat yang akan menjadi Plt ini adalah Yuswandi Temenggung, yang menurutunya adalah pejabat yang hebat, dan Babel beruntung bisa dipimpin Yuswandi meskipun sementara. "Besok serah terima, beliau adalah orang hebat, dan Babel beruntung bisa dipimpin beliau.

Kami juga tentunya akan banyak belajar dari pak Yuswandi ini," ujar Sekda Yan Megawandi. Untuk mengisi pejabat sesuai SOTK baru, kata Sekda, Plt Gubernur bisa melantik atau mengukuhkan pejabat yang ditunjuk. PR yang belum tuntas, sambung Sekda, akan diserahkan oleh Gubernur Babel dan akan dilanjutkan oleh Plt untuk menuntaskannya hingga Februari 2017 yang akan datang.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD