Sekda Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR

BKD BABEL – Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si memimpin Upacara Bendera peringatan Hari Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (5/12/2016).

Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaikan secara langsung sambutan Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono. Dipaparkan Sekda, hasil-hasil pembangunan bidang infrastruktur  telah mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Presiden, Lembaga Dunia, Dunia Usaha dan Masyarakat. Pembangunan infrastruktur selain telah menggerakkan ekonomi riil, turut menyumbang kepada pertumbuhan ekonomi negara juga telah menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar.

“Tugas pembangunan infrastruktur masih akan terus dilaksanakan untuk mengatasi disparitas antar-wilayah, antar kawasan dan antar pendapatan  masyarakat termasuk masyarakat miskin. Kita juga harus melayani  53 % penduduk perkotaan yang menuntut pelayanan prasarana dasar  yang semakin baik,” kutip Sekda.

Berbagai pekerjaan fisik yang sudah terbangun akan terus dipercepat untuk dapat mencapai sasaran RPJMN 2014-2019. “Saya minta semua jajaran untuk bekerja lebih baik, lebih tertib dan transparan dalam rangka percepatan pencapaian target pembangunan. Namun, tugas kita bukan hanya melaksanakan tugas pembangunan yang lebih banyak berupa fisik konstruksi, namun kita juga harus melaksanakan tugas pemerintahan dalam bentuk regulator atau penyusunan peraturan perundangan, untuk memberikan kepastian pelayanan masyarakat,” paparnya.

Lanjut Sekda, pesan Kepala Negara sudah sangat jelas, bahwa birokrasi pada semua tingkat, baik pusat dan daerahharus terus meningkatkan pelayanan yang memenuhi standar kualitas, cepat, mudah, murah tanpa terjadinya beban biaya lebih atau pungutan liar. Berbagai perijinan yang ada di Kementerian PUPR seperti ijin untuk PLTMH, SIPA, Pembangunan Rumah, Akses Jalan Tol, dan Pengurusan Rumah Negara harus direformasi sesuai dengan arahan Presiden.

“Mengingat pentingnya hal tersebut dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di Kementerian PUPR, maka saya minta semua jajaran untuk menjalankan hal tersebut secara konsisten dan kontinyu.Untuk maksud tersebut, langkah-langkah yang ditempuh antara lain: 1) Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) khususnya TI  yang dapat membuat masyarakat dipermudah dan dipercepat dalam memperoleh layanan. Dan yang lebih penting masyarakat memperoleh kepastian biaya dalam proses perijinannya; 2) Memanfaatkan sebesar-besarnya sistem  emonitoring, e-procurement, e-office dan e-bugetting yang sudah dibangun. Penghargaan yang diterima Kementerian PUPR sebagai TOP IT harus mendorong terwujudnya pelayanan prima kepada publik. 3) Melakukan reformasi birokrasi sebagaimana yang telah tertuang dalam  grand strategy reformasi birokrasi Kementerian PUPR secara konsisten di semua level.  Semua jajaran harus menghilangkan sifat sebagai birokrat priyayi menjadi birokrat melayani; 4) Menjauhkan diri dari sifat koruptif, kolusi dan nepotisme,” urainya.

Arahan Presiden, ditambahkannya, sudah sangat jelas bahwa agar dapat bersaing dan meningkatkan indeks ease for doing business salah satunya adalah dengan memberantas pungutan liar. Kementerian PUPR menerapkannya dengan membentuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) PUPR No. 975/KPTS/M/2016 tanggal 30 November 2016.

Saat ini, sedang dilakukan identifikasi simpul-simpul layanan publik dan akan dilanjutkan dengan penetapan SOP dan akan berlaku efektif pada awal tahun 2017. Pointnya 5) Meningkatkan peran pengawasan internal oleh Inspektorat Jenderal. Reviu oleh APIP mulai pada penyusunan anggaran, revisi anggaran,pendampingan pada kegiatan strategis adalah sebagian dari upaya untuk mengefektifkan pengawasan internal oleh Inspektorat Jenderal.

“Tahun 2016 telah mendekati akhir, sementara kita mempunyai tugas untuk menyelesaikan bebagai kegiatan. Saya mengingatkan kembali bahwa waktu kita sangat terbatas, untuk itu sekali lagi saya ingatkan untuk terus bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat, untuk dapat mencapai hasil yang telah direncanakan. Bekerja keras untuk mencapai target  pembangunan infrastruktur PUPR yang demikian besar dan memili

Upacara Peringatan Hari PU ini, juga diikuti para Pejabat Struktural Eselon II, III, IV, Jabatan Fungsional Umum, Jabatan Fungsional Tertentu di Lingkungan Pemprov Babel.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD