Sekda Babel: Senam Sebagai Sarana Kebersamaan Antar Pegawai

BKD BABEL – Hujan rintik-rintik yang sempat mengguyur halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (04/11/2016) tidak menyurutkan semangat dari Pegawai baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga kontrak/pegawai harian lepas (PHL) yang berdinas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel untuk melaksanakan senam yang kembali dilaksanakan setiap Jumat pagi mulai pukul. 7.00 WIB.

Aturan yang mewajibkan Pegawai Pemprov Babel kembali melaksanakan Senam Pagi, dikeluarkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub)  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 50 Tahun 2016 tanggal 24 Oktober 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Babel Nomor 12 Tahun 2016 tentang Penetapan Hari Kerja di Lingkungan Pemprov Babel.

Sekretaris Daerah Pemprov Babel Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si, yang juga turut dalam Senam Pagi tersebut, mengatakan senam yang dilaksanakan setiap Jumat pagi selain untuk kebugaran juga yang terpenting adalah terjalin kebersamaan dan kekompakan di antara aparatur yang berdinas di lingkungan Pemprov Babel.

“Senam Pagi ini sebagai sarana untuk membangunan kebersamaan. Kita ingin ada kebersamaan, kekompakaan rasa solidaritas di antara kita, jangan ada istilah ‘Makan Tulang Kawan’, yang artinya masih ada aparatur yang enggan untuk melaksanakan kegiatan senam ini, sedangkan aparatur yang lain bisa hadir untuk bersama-sama ikut senam bersama,” kata Sekda Yan Megawandi.

Terkait dengan masih adanya aparatur yang tidak hadir untuk mengikuti Senam Pagi Jumat khusunya pada hari pertama senam sejak Pergub Nomor 50 tahun 2016 ini, untuk sementara waktu Sekda Yan Megawandi masih memakluminya.

Menurutnya, mungkin masih banyak aparatur (Pegawai-red) di lingkungan Pemprov Babel belum mengetahui adanya Pergub Nomor 50 tahun 2016 yang didalamnya mengatur masalah senam ini. Untuk itu, perlu diadakan sosialisasi terkait hal tersebut. Artinya, setiap aturan baru itu masih butuh waktu untuk penerapan dan perlu waktu untuk penyesuaian.

“Namun kedepannya, setelah kita lakukan sosialisasi dan ternyata masih ada aparatur yang tidak hadir pada saat senam tersebut, akan dilakukan penerapan saksi sesuai dengan peraturan yang telah kita buat dan kita sepakati bersama. Kalau orang bisa, kenapa kita tidak bisa. Untuk itu, mari kita bangun pagi, datang untuk bersama-sama kita mengikuti Senam Pagi di halaman Kantor Gubernur setiap Jumat pagi. Semoga dengan kebersamaan dan kekompakan di antara kita akan menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kinerja kita sebagai aparatur di Pemprov Babel yang sama-sama kita cintai ini,” imbau Sekda.

Pantauan Humas BKD yang tergabung dalam Tim BKD Online, tampak hadir dalam kegiatan Senam Pagi perdana tahun 2016 ini, Sekretaris Daerah Pemprov Babel beberapa Pejabat Strutural Eselon II atau yang dikenal dengan istilah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan PNS serta  tenaga kontrak/PHL dilingkungan Pemprov Babel.

Meskipun suasana cuaca rada dingin dan mendung setelah diguyur hujan, para peserta senam terlihat ceria mengikuti gerakan demi gerakan yang diperagakan oleh intsrutur senam yang berada di barisan paling depan. 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
wv/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD