Sekda Babel Resmikan Gedung PLUT

BKD BABEL – Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si Selasa (6/12/2016) meresmikan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang dibangun oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM). Gedung yang berada di kawasan Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, tepatnya tak jauh dari terminal bandara yang baru ini, dibangun sejak tahun 2014.

Dengan diresmikannya gedung ini, Sekda optimistis geliat ekonomi melalui tumbuh-kembang UMKM akan memiliki daya saing hingga tataran global, terutama melalui pemanfaatan dan keberadaan gedung layanan terpadu.  "Apalagi program Kampung UKM Digital dinilai memiliki peran positif dalam percepatan suatu tatanan usaha yang saling menguntungkan," ungkapnya.

Selain itu, pemanfaatan Information Communication and Technology (ICT) guna mendukung eksistensi UMKM akan memberi andil terhadap promosi dan penjualan produk secara online, serta memudahkan masyarakat dalam mengakses dan memperoleh produk yang dibutuhkan. Melalui program ini. Telkom memberikan fasilitas free internet selama setahun dalam mengenalkan dan menjual produk di pasar online. “Mari manfaatkan ini, semua untuk kepentingan memajukan UMKM, memajukan provinsi lewat produk kerajinan unggulan," ajak Sekda Yan Megawandi.

Sekda Babel ini mengaku kegiatan launching dapat menjadi momentum dalam proses dinamisasi mindset masyarakat. Dari sebelumnya berbasis sumberdaya alam di sektor pertambangan beralih pada jasa berbasis pemanfaatan teknologi informasi. “Ini momentum yang baik buat Bangka Belitung ke depan, bagaimana kita mengubah mindset dan mulai berani memikirkan dimensi lain berupa jasa," ungkapnya. Selain meresmikan gedung, juga dilaunching kampung UKM digital yang merupakan rintisan kerjasama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan PT Telkom untuk meningkatkan terobosan melalui digital bagi pelaku UMKM dan optimalisasi peran pelatihan usaha terpadu. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kepulauan Babel Hasanuddin menyebutkan, pusat usaha layanan terpadu ini bermitra dengan pelaku usaha agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Terlebih melalui pemasaran produk-produk unggulan menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). "Kita membantu memfasilitasi pemasaran produk-produk UKM kita, melalui gedung ini nantinya dan akses Internet, produk-produk Babel dapat dikenal di manca negara, dan pembeli cukup mengakses Internet sudah bisa membeli produk kita," terangnya. Pihaknya, akan memberikan pembinaan terhadap koperasi dan UMKM yang ada di Babel, agar produk-produk yang ada dapat lebih berkualitas dan memenuhi standar pasar.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD