Sampaikan Arahan Gubernur, Susanti: Berikan Service Excellent

PANGKALPINANG –  Kondisi penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai meresahkan. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Susanti menyampaikan arahan Gubernur bahwa setiap elemen yang terdapat pada RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno harus diberdayakan dengan tepat.  

“Sesuai arahan Pak Gubernur, bahwa setiap elemen yang ada di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno ini harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, yakni pelayanan yang prima atau Service excellent,” kata Susanti pada apel pagi di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, Merawang, Bangka, Senin (26/7/2021).

Susanti menerangkan, Pelayanan Prima atau Service Excellent memiliki beberapa unsur yang sangat penting dipedomani bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama yang berkenaan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Service Excellent ini ada empat unsur didalamnya, sebagai pelayan masyarakat kita wajib menerapkan keempat unsur ini, yakni melayani dengan Kecepatan, Ketepatan, Keramahan dan Kenyamanan,” terangnya.

Dijelaskannya, setiap masyarakat berhak dilayani dengan baik. Sudah menjadi kewajiban bagi ASN untuk mampu memberikan Service Excellent dengan sepenuh hati.

“Kita kalau dilayani orang, pasti bisa merasa orang itu tulus atau tidak. Begitu juga ketika melayani masyarakat. Berikan pelayanan yang terbaik, jangan melakukannya dengan setengah hati apalagi asal. Semua harus dilakukan dengan hati yang tulus dan itu akan menjadi berkah bagi orang yang kita layani dan juga kita,” jelasnya.

Susanti juga menambahkan, baik tidaknya pelayanan yang diberikan dapat dinilai dari komplain masyarakat.

"Dari mana kita bisa tahu apakah pelayanan yang kita berikan sudah dinilai baik atau memuaskan bagi masyarakat? Ya dari ada atau tidaknya komplain yang masuk. Atau besar-kecilnya komplain yang masuk. Kalau tidak ada komplain, kita harapkan bahwa pelayanan kita sudah sesuai, tapi kalau masih ada komplain, kita harus membuat evaluasi terhadap komplain tersebut, apa yang harus diperbaiki," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Susanti juga memperkenalkan Plt. Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno yang baru, yakni dr. Bahrun Siregar Sutrisno, M. Kes, yang sebelumnya dijabat oleh dr. H. Armayani, Sp. B.

Untuk itu, Susanti mengucapkan terima kasih atas jasa dr. Armayani selama menjabat Plt. Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno.

“Kepada dr. Armayani, kami mengucapkan terima kasih atas jasanya selama menjabat sebagai Plt. Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, yang telah meng-guide timnya dalam melayani masyarakat, terutama di masa pandemi ini,” ucapnya.

Susanti juga berharap, dengan adanya Plt. Direktur yang baru akan menambah kekompakan dan lebih fokus lagi dalam menanggapi masyarakat.

“Kita harapkan dengan kepemimpinan yang baru dapat semakin memperkuat kekompakan tim kesehatan kita, khususnya di rumah sakit ini, dapat semakin meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Dan jangan lupa Service Excellent yang harus kita terapkan dengan 4K, yakni Kecepatan, Ketepatan, Keramahan dan Kenyamanan. Lakukan dari hati,” harapnya.

Apel pagi bersama ini dihadiri sejumlah pejabat struktural, Tim Manajemen di lingkungan RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, serta para jajaran BKPSDMD Babel.

Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Ade Sumarli
Sumber: 
BKPSDMD Babel