Sahirman Sebut Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki Kepala Biro Umum

Pangkalpinang – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel), Sahirman menyebutkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Biro Umum.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah sampai tahap terakhir dari Seleksi JPT Pratama Kepala Biro Umum, Sekretariat Daerah (Setda) Babel. Jadi seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang nanti akan duduk di JPT, baik untuk Biro, Dinas, atau Badan harus menguasai empat kompetensi, yakni kompetensi manajerialnya, kompetensi teknis, kompetensi sosial dan kompetensi kepemerintahannya,” sebut Sahirman yang ditemui di ruang kerjanya, BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (28/1/2020).

Dilanjutkannya bahwa Kompetensi Manajerial mendominasi kompetensi lainnya.

“Yang palinng dominan adalah Kompetensi Manajerial karena dia akan memimpin, memotivasi, mengkoordinasi, mengakomodasi, mengevaluasi, mengawasi kebijakan-kebijakan yang diambil supaya semuanya berjalan sesuai dengan semestinya,” lanjutnya.

Menurutnya, keberadaan Kepala Biro Umum sangatlah penting, mengingat terdapat berbagai urusan yang menjadi wewenangnya.

“Kepala Biro Umum ini sangat penting karena banyak mengurus segala hal kepentingan, baik pimpinan, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan para pemangku kepentingan. Tanpa definitif, tidak dapat membuat keputusan, harus menunggu arahan baik dari Gubernur, Asisten atau Sekretaris Daerah. Tapi kalau sudah definitif sesuai dengan kewenangannya, sebatas lingkup wewenangnya dia sudah bisa membuat keputusan,” jelasnya.

Selaku Sekretaris sekaligus Anggota Panitia Seleksi, Sahirman berharap akan terpilihnya Kepala Biro Umum yang mumpuni.

“Kita berharap nantinya terpilih Kepala Biro Umum yang mampu mengakomodir keempat kepentingan tadi dan yang penting tidak menyalahi aturan,” harapnya.

Pada tahapan wawancara, setiap peserta melakukan mresentasi selama 15 menit, diikuti sesi tanya jawab oleh Panitia Seleksi selama 30 menit.

Adapun Panitia Seleksi, yakni Penjabat Sekda Babel Yulizar sebagai Ketua Pansel, Kepala BKPSDMD Babel Sahirman sebagai Sekretaris sekaligus Anggota Pansel, Guru Besar/Direktur Pasca Sarjana STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik sebagai Anggota dan Dosen/Kepala Lembaga Penjamin Mutu STIE Pertiba Mohamad Makrus sebagai Anggota.

 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD