Resmikan Pornas XV Korpri 2019 di Pangkalpinang, Tjahjo Kumolo Ikut Senam Bedincak

Pangkalpiang - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB RI), Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2019, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (11/11). 

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa ajang Pornas XV Korpri 2019 dapat menjadi moment bagi ASN sebagai pemersatu bangsa untuk memacu diri meningkatkan jiwa sportivitas.

“Sebagai korp profesi, Korpri harus mampu mewujudkan jiwa humanis ASN, sebagai salah satu komponen perekat dan pemersatu bangsa melalui setiap langkah dan kebiasaan positif melalui kebiasaan berolahraga, sehingga mampu meningkatkan kesehatan, sportivitas dan prestasi,” kata Tjahjo Kumolo dalam sambutannya.

Terkait kinerja ASN, Tjahjo Kumolo mengingatkan ASN untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dengan birokrasi yang praktis.

“Salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tercantum dalam salah satu visi misinya, yaitu mewujudkan ASN untuk lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, untuk lebih mempercepat dan memangkas birokrasi yang panjang, efektif dan efisien dalam upaya menguatkan identitas dan pengejawantahan pasal-pasal Otonomi Daerah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan serah terima secara simbolis trophy Juara Pornas Korpri 2017 dari kontingen Jawa Barat kepada Gubernur Babel. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak atas partisipasi semua pihak untuk meramaikan perhelatan Pornas Korpri.

“Saya atas nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selaku tuan rumah ingin mengucapkan selamat datang di Bumi Serumpun Sebalai. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh undangan, kontingen dan rombongan yang penuh semangat mengikuti Pornas XV Korpri 2019 ini,” ucap Erzaldi.

Erzaldi berharap event nasional ini dapat mempererat jalinan silahturahim dan berbagi ilmu antar ASN seluruh Indonesia.

“Saya harap Pornas Korpri ini dapat menjadi wadah bertukar informasi, saling berbagi ilmu, serta semakin mempererat tali silahturahim diantara seluruh ASN di Indonesia,” harapnya.

Peresmian acara ditandai dengan pemukulan bedug oleh Menpan RB, Gubernur dan Wakil Gubernur Babel, beserta jajaran. 

Usai peresmian, para siswa-siswi  SMA Negeri 1 Pangkalpinang menampilkan Senam Bedincak khas Bangka Belitung yang juga diikuti oleh Menpan RB, Gubernur dan Wakil Gubernur Babel, serta para tamu undangan dan kontingen. 

Turut hadir dalam acara, yakni Pj. Sekretaris Daerah Babel Yulizar Adnan, Ketua Umum Korpri Pusat Zudan Arif Fakrullah beserta tamu VIP lainnya.

Malam harinya, rangkaian acara pembukaan diakhiri dengan gala dinner di Restoran Gale-gale, Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
Humas Sekda Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD