Rapat Pemantapan Pornas XV 2019, Yan Ajak Siapkan Antisipasi Terbaik

Pangkalpinang - Dalam memantapkan persiapan, kita harus berpikir yang terburuk, agar dapat membuat antisipasi terbaik.

Demikian dikatakan Yan Megawandi, Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Korpri Babel) saat membuka rapat pemantapan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Tahun 2019, di Ruang Tanjung Krasak, Gedung Belajar Gunung Maras, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Pangkalpinang, Kamis (26/9/2019).

Yan juga meminta agar panitia juga memikirkan beberapa skenario untuk kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

“Harus dipikirkan untuk beberapa skenario, misalnya untuk acara pembukaan apakah tanggal 10 atau 11 November. Kemudian perkiraan cuaca untuk cabang olahraga outdoor. Jangan sampai karena cuaca, cabang olahraga tersebut ditunda lama atau malah dibatalkan,” katanya.

Panji Utama, Kepala Bidang Olahraga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel selaku Ketua Seksi Perwasitan dan Pertandingan mengatakan bahwa 
para koordinator pelaksana hanya perlu menyesuaikan dengan jumlah peserta.

“Pada dasarnya para koordinator pelaksana cabang olahraga sudah terbiasa melaksanakan kegiatan baik di tingkat provinsi maupun nasional. Tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah peserta yang ikut,” kata Panji.

Dari delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, rapat pemantapan dihadiri oleh lima Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga, yakni senam, futsal, tenis meja, lari dan catur. Sementara Pengprov. cabang olahraga voli, tenis dan bulutangkis tidak dapat hadir.

Menurut Panji, meski tidak semua Pengprov. cabang olahraga hadir, namun materi pembahasan rapat dapat dikomunikasikan dengan baik.

“Secara umum hal yang dibahas hari ini sudah dikomunikasikan pada saat rapat-rapat sebelumnya, tapi nanti akan dikomunikasikan lagi dengan Pengurus Provinsi cabang olahraga yang tidak hadir,” katanya.

Panji optimis bahwa penyelenggaraan Pornas akan berlangsung sukses.

“Insya Allah Babel sukses penyelenggaraan dan sukses berprestasi dalam Pornas nanti, dengan dukungan berbagai pihak,” ucapnya.

Terkait penyediaan perlengkapan pertandingan, Burhanuddin, Sekretaris Diskepora Babel selaku Wakil Ketua Transportasi mengatakan  bahwa perlengkapan tersebut dapat dipinjam atau disewa ke kabupaten/kota.

“Ada alternatif atau jalan keluar terutama dengan Pengprov. cabang olahraga. Kita bisa sewa atau pinjam ke kabupaten/kota, yang penting harus cari solusi. Semoga semua dapat berjalan lancar,” kata Burhanuddin.

Hingga hari ini, sudah terdaftar lima provinsi dan dua kementerian. Secara umum, rapat pemantapan membahas perihal perlengkapan pertandingan, venue, agenda dan lain sebagainya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD