PORPROV II KORPRI, Tenis Beregu Putri Basel Raih Emas

BKD BABEL – Tim Tenis Beregu Putri Bangka Selatan (Basel) berhasil meraih kemenangan usai laga pertandingan final yang berlangsung di Lapangan Tenis Bukit Baru Komplek Perumahan PT.Timah Pangkalpinang, Minggu (12/11/2016) sore.

Anak asuh Ibnu Fahrial yang diperkuat dua pasangan ganda dan satu single tersebut, meraih emas setelah mengalahkan Belitung. Mereka adalah Yuli/Nadia dengan skor 4-8, dan Peni dengan hasil akhir 8-4. Namun, tak cukup disitu untuk memastikan perolehan emas, pertandingan berikutnya berlangsung sengit sebagai penentu akhir.

Berkat kesiapan mental dan kerja keras latihan yang matang, Basel mampu memenangi hampir keseluruhan partai pertandingan. Terlihat pada laga penentu, Belitung kewalahan, sulit untuk membendung kekuatan Basel dan harus menyerah pada pasangan Neli/Peni melalui perlawanan ketat dengan skor 8-6 untuk kemenangan Basel dari total 8 set yang dimainkan.

“Kami memang telah mempersiapkan secara matang susunan pemain secara keseluruhan, secara materi memang unggul diatas Belitung,” kata Manajer Cabor Tenis Lapangan, Zamdi Cahyadi, melalui Pelatih, Ibnu Fahrial.

Ia menambahkan, berkat kerja keras, kematangan strategi dan semangat, mampu bangkit dari ketertinggalan, yang pada awalnya 3-0 menjadi 8-6 melalui ganda penentu kedua atas pasangan Peni/Neli. "Strategi dan kekompakan tim yang terbentuk sejak pemusatan latihan selama satu bulan membuahkan hasil," ujarnya.

"Melihat permainan tim lawan yang cukup kuat, patut kami syukuri prestasi ini yang jauh melampaui target. Tentunya kami juga berterimakasih dengan pemain yang mengalami penyegaran formasi pada tahun ini," imbuhnya.

Sementara itu, Tim Tenis Meja Beregu Putra mampu menyumbangkan medali perak bagi Bangka Selatan. Pasangan beregu Putra Basel, Buli/Sukri, dan Ari/Irawan harus mengakui kekalahan saat ditaklukkan tim beregu putra Belitung 2-0 di babak final. Sebelumnya, pada pertandingan yang digelar di Lapangan Tenis Bukit Baru Komplek Perumahan PT Timah, Basel menang 2-1 atas Pangkalpinang, saat melawan Babar kembali memenangkan pertandingan dengan skor 2-1, dan menjadikan Basel sebagai Juara Pool.

Basel terus melaju ke semifinal bertemu dengan Beltim, dengan upaya yang cukup keras kekompakan tim mampu menundukkan tim lawan dengan skor 2-1. Tapi, tidak cukup sampai disitu, untuk memastikan kemenangan, mereka harus berjuang lebih keras pada saat melawan Belitung pada final. Permainan apik dari beregu putra Basel, nampaknya belum mampu menjatuhkan tim lawan. Dengan skor akhir 2-0, Basel harus mengakui keunggulan tim lawan, sehingga mengharuskan posisi menjadi juara dua pada cabor ini.

Manajer Cabor Tenis Meja, Felly melalui Asisten Manajer, Abdullah menerangkan, semangat para atlet mampu mengulang sejarah 4 tahun yang lalu, walaupun kali ini harus puas mendapatkan perak. "Kekompakan tim, serta strategi sudah maksimal, terlebih pada saat menurunkan pemain, Basel memang unggulan, namun tidak meremehkan kekuatan lawan," terangnya.

Target, lanjutnya, memang sampai ke final, tapi alhamdulillah dengan formasi pemain baru, hasilnya melebihi target dengan memperoleh medali perak, ini prestasi yang patut disyukuri.

Terpisah, Tim voli putri Basel mengalahkan tim tuan rumah Pemprov Babel dalam laga pertama penyisihan grup cabang olahraga voli indoor Porprov Korpri II Babel 2016 di GOR Depati Bahren, Pangkalpinang, Sabtu (12/11/2016). Basel lebih dulu unggul pada set pertama, walaupun harus bermain ngotot. Alhasil, kematangan permainan membuat Basel menang dengan skor 25-16.

Permainan cepat kedua tim saling membuat masing-masing tim kewalahan. Walaupun telah berupaya, nampaknya tim tuan rumah harus mengakui kekalahan pada set kedua atas Basel dengan skor 25-14. Upaya Basel belum berhenti sampai disitu, tim semakin menunjukkan kekompakan dan kekuatan. Kematangan pemain-pemain Basel cukup sulit dibendung tim voli putri Pemprov Babel. Hal ini terlihat pada set ketiga, perlawanan cukup sengit di antara kedua tim, dan berkat kerja keras serta strategi yang matang. Upaya tersebut membuahkan hasil, kemenangan kembali berpihak kepada Basel dengan skor 25-20.

Kemenangan itu sekaligus memastikan kemenangan Basel. Pemprov Babel jauh tertinggal, dan harus merelakan Basel sebagai pemenang. Sebelumnya, di partai penyisihan, Tim Voli Putra Basel mampu ditundukkan tim Belitung melalui pertarungan empat set yang ketat, Sabtu (12/11/2016). Di set pertama, Belitung lebih unggul, namun set kedua telah berpihak kepada tim Basel, namun set ketiga dimana Basel kembali kalah. Pada set terakhir atau babak penentuan, Basel menyudahi pertandingan dengan dengan mengakui keunggulan Belitung.

Namun, pada pertandingan kedua, di hari yang sama, Sabtu (12/11/2016), Tim Voli Putra Basel mulai bangkit, berhasil mengalahkan Bangka Induk pada set pertama, ketiga dan set keempat. Tim asuhan Yoppy Pratama itu memang menguasai permainan sejak awal walaupun beberapa kesulitan menghadapi serangan-serangan tim lawan pada pertengahan pertandingan. Kemenangan ini membawa Basel ke babak selanjutnya.

Manajer Cabor Voli Basel, Dian Renata Pratama menuturkan, untuk tim putri sudah bisa membaca situasi.

Ia juga menjelaskan, permainan secara keseluruhan sudah merata, dengan strategi matang bermain bertahan dibelakang namun tetap mencuri keuntungan apabila ada kesempatan langsung bermain menyerang.

Sementara, tim putra, menurutnya, ada perkembangan dengan perubahan strategi. "Perubahan strategi ini, belajar dari kekalahan sebelumnya, dan akhirnya menguntungkan kami dengan memenangkan pertandingan," ungkap Renata.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD