PNS Pemprov Babel Peringati Hari Kesaktian Pancasila

PANGKALPINANG –Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (3/10/2016), memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2016 yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur Babel.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekda Provinsi Babel, Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si. Selain Jabatan Fungsional Umum dan Fungsional Tertentu, Upacara ini juga diikuti para Pejabat Struktural Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemprov Babel.

Peringatan Hari Kesatian Pancasila yang diselenggarakan Pemprov Babel kali ini, mengangkat tema  “Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”.

Gubernur Babel dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Babel Dr Yan Megawandi, SH., M.Si Gubernur mengungkapkan, diterimanya Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar Negara Indonesia membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila wajib dijadikan landasan pokok untuk pengaturan serta penyelenggaraan Negara.

“Pancasila sebagai dasar Negara, kata Gubernur, adalah kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang telah diuji kebenaran, kemampuan dan kesaktiannya.Sehingga tidak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia,” kutip Sekda Babel.

Upaya untuk mewujudkan pengakuan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa menurut Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Yan Megawandi, mengharuskan bangsa Indonesia mentransformasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila secara nyata dan terus menerus.

Ditengah perbedaan yang ada, ditambahkannya, bangsa Indonesia patut bersyukur karena Pancasila sebagai pedoman dasar Negara sekaligus menjadi dasar dalam berpikir dan berperilaku.

“Dengan mengimplementasikan setiap sila dalam Pancasila, maka sejatinya kita telah mampu menjadi manusia yang utuh sesuai dengan dengan kodrat kehendak Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD