Plt Gubernur: Saatnya Kita Memajukan Babel

BKD BABEL - Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Ir. Yuswandi Arsyad Temenggung, MA.M.Sc mengajak seluruh masyarakat Babel untuk bersama membangun Babel agar lebih sejahtera, mendukung program yang dicanangkan, terutama sektor pariwisata. "Saya yakin Babel akan maju di sektor pariwisata, sebelum saya ditetapkan mengemban tugas sebagai Plt Gubernur, setiap orang yang sata temui bercerita bahwa pariwisata Babel itu bagus, bukan cerita timahnya, ini apresiasi, ekonomi Babel ini perlahan telah bergeser ke sektor pariwisata, ada loncatan serius, bagaimana pergeseran ini memberi manfaat sebesar-besarnya, dan saya yakin kita bisa maju dan sejahtera," ujarnya, disela sidang paripurna istimewa HUT Babel ke-16 di DPRD Babel, Senin (21/11/2016).

Ia menyebutkan, diusia ke-16 tahun ini sudah banyak keberhasilan pemerintah membangun Provinsi, diantaranya menekan persentase jumlah penduduk miskin yang pada tahun 2010 sebanyak 6,51 persen kini menurun hingga 5,22 persen ditahun ini. "Dibidang pendidikan, Pemprov Babel telah menyalurkan beasiswa kepada 511 mahasiswa dengan nilai Rp 3 miliar, serta mahasiswa lanjutan tahun 2014 dan 2015 yang nilainya lebih dari Rp 2 miliar yang diterima oleh 311 orang, dan tahun 2016 ini kita sudah menyalurkan Rp 945 juta untuk 200 mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari 19 perguruan tinggi yang ada di Babel. Dan ditahun 2017 kita menargetkan beasiswa untuk 1.000 mahasiswa," bebernya.

Untuk sektor pertanian, menurut Yuswandi produksi padi di Babel terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Ditahun 2010 hanya 22,236 ton, ditahun 2015 naik menjadi 27,068 ton. Sementara dilihat dari Pendapatan domestik regional bruto (PDRB), lapangan usaha atas dasar harga konstan juga mengalami peningkatan, dari Rp 35,56 triliun menjadi Rp 45,96 triliun. Ia menambahkan, di triwulan pertama tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Babel yang sempat menurun berdasarkan PDRB Rp 11,568 miliar latau 3,320 persen, di triwulan kedua ini tumbuh menjadi 3,67 persen. "Meski kondisi inflasi Babel masih mencapai 6,20 persen, angka ini masih diatas rentang sasaran inflasi yang ditetapkan pemerintah sebesar 4 persen yang kurang dari 1 peraen," ujarnya. Selain keberhasilan di beberapa sektor, Babel pun telah mendapat banyak penghargaan dari pemerintah pusat ditahun 2016 yaitu bidang pelayanan perizinan terpadu, inovasi kesehatan, inovasi administrasi negara, lomba desa, rintisan natural-tourism BUMDES dan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik. "Banyak tantangan yang berhasil kita atasi hingga usia ke-16 ini.

Atas keberhasilan tersebut saya sampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah, kabupaten/kota serta seluruh komponen masyarakat yang bekerja keras meraih capaian positif untuk pembangunan dan kemajuan Bangka Belitung, dan mari kita kerja keras untuk mewujudkan Babel yang lebih baik dan sejahtera," tandasnya. Dalam paripurna ini, ratusan undangan hadir untuk merayakan hari jadi provinsi Babel ke-16, baik dari tokoh presidum, mahasiswa, atlet berprestasi, tokoh pemuda, dan unsur lainnya memadati ruangan sidang paripurna. "Memperingati hari jadi, makna bukan sekedar ingatkan sejarah pembentukan ingin menjadi daerah otonom, tapi harus kita maknai juga sebagai ungkapan syukur dan terimakasih kepada para tokoh presidum pembentukan provinsi, saatnya kita bersama memajukan provinsi (Babel-red) ini," ajaknya. 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD