Plt Gubernur Optimis Tiga ‘Mega’ Proyek Babel Segera Diresmikan

BKD BABEL –Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Ir. Yuswandi Arsyad Tumenggung,MA., M.Sc, memanggil sejumlah satuan kerja perangkat daerah, PLN, dan Angkasa Pura, Rabu (9/11/2016) untuk melaporkan progres pembangunan tiga‘mega’ proyek di Babel yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, dalam waktu dekat.

"Saya update bagaimana status terakhir pembangunan proyek-proyek ini.Kita bermohon agar nanti dapat diresmikan Presiden Jokowi.Saya minta data yang lengkap sejauh mana perkembangannya agar bisa melaporkan dengan data yang lengkap ini," kata Plt Gubernur.

Untuk 3 proyek ini, ditambahkan Plt Gubernur, kesiapan sudah hampir matang, Mobile Power Plan sudah hampir selesai, kemudian Jembatan Batu Rusa II, dan Terminal Bandara Depati Amir pada HUT Babel ke-16 ini sudah bisa soft launching.

"Masing-masing leadnya, bandara jembatan, MPP sudah hampir selesai, ada sisa waktu yang diselesaikan, dan saya optimis bisa segera diresmikan," imbuhnya. Untuk terminal baru, sambungnya, hanya ada beberapa hal yang belum tuntas, terkait areal parkir, sementara terminal dan lainnya sudah siap dioperasionalkan dan akan menjadi kado HUT Babel ke-16.

"Bandara saya kira sudah siap operasionalkan sebagai kado ulang tahun Provinsi Babel, soft launcgingnya, minimal kebutuhan itu nanti dipenuhi," tandasnya. Untuk MPP Air Anyir sebesar 2x25 MW sedang melakukan penyelesaian lahan parkir, pengaspalan jalan masuk sepanjang 700 meter, dan sejumlah fasilitas lainnya. Secara fisik, pembangunan MPP Air Anyir di area seluas 2 hektar mencapai 80 persen.

Sementara pembangunan Jembatan Batu Rusa II dengan total panjang 784,5 meter masih menyisakan perampungan pembebasan lahan dan pengakuan kelayakan uji coba dari kontraktor hingga proses audit BPKP. Jembatan ini, diharapkan menjadi ikon Bangka Belitung.

“Terlepas dari banyak kendala baik teknis maupun manajemen, agar diselesaikan dengan baik, berkoordinasi, dan permasalahan yang ada dapat diatasi bersama,” tutup Yuswandi.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD