PKA Angkatan I Gunakan Metode Distance Learning

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai melaksanakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I.  Pelatihan dilakukan dengan metode distance learning menggunakan aplikasi zoom meeting, untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman berharap PKA tetap dapat terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, PKA yang sebelumnya dijadwalkan pada 16 Maret 2020 lalu akhirnya dapat dimulai pada hari ini. Meskipun menggunakan metode distance learning, kita berharap tidak mengurangi essensi dan tujuan dari pelatihan ini,” kata Sahirman dalam sambutannya saat membuka acara secara daring, di Ruang Tanjung Tinggi, Gedung Belajar Gunung Maras, BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (4/8/2020).

Sahirman menjelaskan bahwa perwujudan World Class Bureaucracy mensyaratkan sosok pejabata administrator yang berdedikasi tinggi.

“Demi terwujudnya World Class Bureaucracy, setiap instansi pemerintah membutuhkan sosok pejabat administrator yang bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan,” jelasnya.

Sahirman melanjutkan, pengelolaan pelayanan publik yang baik membutuhkan sosok pejabat yang memenuhi criteria kepemimpinan manajemen kinerja.

“Pelayanan publik yang dikelola dan dikendalikan dengan baik merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas kinerja unit organisasi. Tentunya sosok yang dapat memainkan peran ini adalah Pejabat Administrator yang telah memenuhi kriteria kepemimpinan manajemen kinerja,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Pasal 52 Ayat (2) Huruf A Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil bahwa Pejabat Administrator harus menjamin akuntabilitas jabatannya untuk memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai standar operasional prosedur dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

Sahirman juga mengatakan bahwa seorang Pejabat Administator harus memiliki mental yang baik.

“Seorang Pejabat Administrator juga dituntut memiliki sikap netral, disiplin yang tinggi, setia dan taat pada Pancasila dan UUD 1945, mampu melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab serta memiliki pengetahuan dan keterampilan manajerial sesuai kedudukannya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan SDM, Mohamad Iqbalsyah juga menerangkan bahwa PKA bertujuan untuk para Pejabat Administrator yang profesional.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk Pejabat Administrator yang profesional, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional demi terwujudnya manajemen kinerja yang handal,” terang Iqbalsyah.

Kompetensi yang dibangun pada PKA adalah membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasinya. Iqbalsyah menyebutkan 4 (empat) kemampuan yang mengindikasikannya.

“Seorang Pejabat Administrator harus menjadi teladan bagi bawahan dan pemangku kepentingan, bisa berkolaborasi secara internal dan eksternal dalam pengelolaan tugas, berinovasi sesuai bidangnya dan mengoptimalkan potensi SDM organisasi,” sebutnya.

Seluruh peserta berjumlah 40 orang, yakni 21 orang berasal dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 14 orang dari Kabupaten Bangka Barat, 4 orang dari Kabupaten Bangka Selatan dan 1 orang dari Kepolisian Daerah.

Pelatihan akan berlangsung hingga 22 November 2020 dengan total jumlah jam pelajaran 797 JP. 4 agenda mata pelatihan, yakni agenda kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, Kepemimpinan Kinerja, Manajemen Kinerja dan Aktualisasi Kepemimpinan.

Adapun narasumber dalam pelatihan, antara lain berasal dari LAN RI, widyaiswara BKPSDMD Babel dan instansi vertical di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD