Perhelatan Pornas Turut Perkenalkan Pariwisata Babel

Pangkalpinang - Sambil menyelam minum air. Perhelatan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) XV Tahun 2019 bukan hanya pagelaran olahraga semata, tapi juga kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Demikian disampaikan Naziarto, selaku Ketua Panitia Pusat pada Rapat Koordinasi Persiapan Pornas Korpri XV/2019, di Ruang Tanjung Pesona, lantai 1 Kantor Gubernur Babel, Pangkalpinang, Selasa (15/10/2019).

Naziarto mengatakan, persiapan yang matang sangat dibutuhkan untuk menyambut para kontingen atau tamu.

“Ada 34 provinsi, kementerian dan  lembaga. Mereka semua adalah tamu. Untuk menyambut tamu, persiapan kita harus matang. Bagaimana akomodasi dan transportasinya, PHRI bagaimana kesiapannya, karena event ini akan mendatangkan banyak sekali tamu ke Pangkalpinang,” kata Naziarto.

Naziarto juga mengungkapkan bahwa dirinya dan kedua rekannya sudah berwisata kuliner di Pangkalpinang.

“Saya sama 2 teman saya sudah mencoba kuliner di Pasar Mambo. Ada kwetiaw basah, selada, sate, soto, nambah lagi. Kemudian saya tanya, bisa ga warungnya buka 24 jam? Mereka bilang siap. Artinya kuliner harus mendukung pada saat tamu datang,” ungkapnya.

Wendo Irwanto, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Babel menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dan pengecekan ketersediaan kamar hotel.

“Kami akan berkoordinasi ke semua anggota untuk mengecek bookingan tamu yang sudah memesan ke hotel anggota. Saat ini untuk wilayah Pangkalpinang sudah dipesan kurang lebih 60% dari total kamar yang tersedia. Di sungailiat belum ada bookingan sama sekali,” jelas Wendo.

Sementara Engkus Kuswenda, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel juga menuturkan bahwa informasi kepariwisataan terdapat dlam materi promosi pariwisata.

“Untuk informasi kepariwisataan Babel itu ada di leaflet atau booklet. Dari 7 kabupaten/kota ada disitu. Nanti kita cek persediaan yang ada, supaya bisa disebarluaskan pada saat pelaksanaan Pornas,” tutur Engkus.

Persiapan lain yang dibahas dalam rapat ini, antara terkait pengamanan, penjemputan vip dan kontingen, venue, sarpras, pos kesehatan dan ambulans, publikasi, dokumentasi, acara seremonial, gala dinner, hingga kesiapan daya tarik wisata yang ada di Pangkalpinang dan sekitarnya.

Pornas XV Korpri akan dilaksanakan pada 10-18 November 2019, di Pangkalpinang dengan mempertandingkan 9 cabang olahraga, yakni lari 10k, catur, bulutangkis, senam, futsal, tenis meja, tenis lapangan, boli dan gateball.

Rapat diikuti 50 peserta dan dihadiri oleh perwakilan Panitia Pusat dan Daerah

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD