Peran Besar Pranata Komputer pada Era Industri 4.0

Pangkalpinang - Memasuki era industri 4.0, akan sangat bergantung pada peran aktif pemangku jabatan fungsional Pranata Komputer. Pranata Komputer berperan aktif menyiapkan, memperbaiki dan memperbaharui infrastruktur, mentransformasikan metode kerja dilingkungannya agar lebih produktif, serta menuntut diri untuk terus maju dan belajar.

Demikianlah dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel), Sahirman saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Pranata Komputer Tingkat Terampil Babel 2019, di Ruang Tanjung Tinggi, Gedung Belajar Gunung Maras BKPSDMD Babel, Pangkalpinang, Senin (4/11/2019).

Sahirman mengatakan bahwa diklat fungsional Pranata Komputer bertujuan memenuhi kompetensi dibidangnya.

“Diklat fungsional penjenjangan Pranata Komputer adalah diklat yang bertujuan untuk memenuhi kompetensi dibidang teknologi informasi yang merupakan persyaratan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk memangku jabatan fungsional Pranata Komputer,” kata Sahirman.

Sahirman juga menambahkan bahwa jabatan fungsional Pranata Komputer menjadi sebuah tantangan bagi mereka yang memiliki passion dibidang tersebut.

“Dengan tugas pokok sebagai perencana, menganalisis, merancang, mengimplementasikan, mengembangkan atau mengoperasikan sistem informasi berbasis komputer, Pranata Komputer memberikan tantangan bagi pegawai yang mampu dan menggemari sistem informasi berbasis komputer,” tambahnya.

Disamping itu, lanjut Sahirman, jabatan Pranata Komputer dapat berkontribusi dalam hal inovasi dibidang teknologi informasi.

“Jabatan Pranata Komputer dirancang dan diprogram untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat menemukan peluang-peluang dalam berinovasi, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

30 Pranata Komputer Terampil mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional, di Ruang Tanjung Tinggi, Gedung Belajar Gunung Maras, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel), Pangkalpinang, Senin (4/11/2019).

Kepala Bidang Pengembangan SDM, Mohamad Iqbalsyah menyampaikan bahwa selain materi terkait bidang tugas, para peserta juga akan mendapatkan materi terkait pelaporan pekerjaan.

“Selama diklat, para peserta akan diberikan materi dari para narasumber yang mumpuni dan materi yang diberikanpun tentunya yang mendukung pelaksanaan bidang tugas dan juga bagaimana cara membuat laporan dan dokumentasi hasil pekerjaan mereka,” kata Mohamad Iqbalsyah.

Mohamad Iqbalsyah berharap bahwa para Pranata Komputer dapat membawa berbagai inovasi di setiap OPD.

“Kita harapkan para Pranata Komputer ini dapat melahirkan inovasi-inovasi di OPD mereka ditempatkan, yang pada akhirnya akan menjadi kontribusi bagi kemajuan pembangunan di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” harapnya.

Para peserta diklat berjumlah 30 orang merupakan Pranata Komputer Tingkat Terampil dari OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Masa diklat berlangsung selama 25 hari di BKPSDMD Babel.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD