Masuki New Normal, SKB CPNS 2019 Dipersiapkan

Pangkalpinang – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) 2019 yang sempat tertunda kini sedang dipersiapkan kembali oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKB yang semula dijadwalkan 25 Maret 2020 lalu harus ditunda karena merebaknya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, termasuk Bangka Belitung.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Muhammad Erisco Nurrahman mengatakan bahwa BKN sedang mempersiapkan kembali pelaksanaan SKB.

“BKN sudah mengeluarkan surat tentang Persiapan Awal untuk SKB CPNS Formasi 2019, yakni surat nomor 196/KR.VII/BKN.K/VI/2020 tanggal 22 Juni 2020, yang intinya tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi, namun jadwal masih menunggu,” kata Erisco di Kantor BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (25/6/2020).

Secara garis besar, surat tersebut berisi bahwa dengan kondisi Covid-19, sehingga perlu dilakukan Prosedur Penyelenggaraan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN. Kemudian, baik Panitia Instansi Daerah dan Peserta SKB CPNS Formasi Tahun 2019 di wilayah kerja Kantor Regional VII BKN Palembang harus mengikuti dan melaksanakan Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan metode CAT BKN sebagaimana terlampir.

Selain itu, Panitia Instansi Daerah dan Panitia Pelaksana CAT Kantor Regional VII BKN, UPT BKN Jambi, UPT BKN Bengkulu dan UPT BKN Pangkalpinang terus berkoordinasi untuk persiapan dan penyelenggaraan SKB CPNS Tahun 2019 agar dapat berlangsung aman, baik dan lancar.

Erisco juga mengatakan bahwa pelaksanaan SKB akan mengikuti protokol kesehatan sebagaimana yang diterapkan.

“Pelaksanaan SKB nanti juga akan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak. Semuanya sudah diatur dalam prosedur pelaksanaannya,” katanya.

Dalam surat BKN tersebut terdapat 15 (lima belas) poin dalam Prosedur Pelaksanaan Seleksi, mulai dari waktu kehadiran hingga acuan peraturan pelaksanaan.

Untuk itu, Erisco berpesan kepada para peserta untuk terus memantau informasi terkait SKB melalui kanal-kanal resmi yang telah disediakan.

“Pesan saya kepada para peserta jangan lupa untuk memantau informasi pelaksanaan SKB di website kita www.bkpsdmd.babelprov.go.id dan juga melalui media sosial kita, yakni IG @rendapeg.bkpsdmdbabel dan FB @Subbid Renda ASN,” pesannya.

Disamping itu, Erisco juga meminta agar para peserta dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Ini kesempatan yang sangat baik bagi para peserta untuk mengabdi kepada Negara, khususnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk itu, persiapkanlah diri dengan sebaik-baiknya, belajar, jaga kesehatan, tetap semangat walaupun harus ikut tes ditengah pandemi Covid-19 dan jangan lupa berdoa,” pintanya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD Babel
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD