LAN Menjaring Calon Pemimpin Perubahan Peserta Pelatihan Reform Leader Academy

Pemerintah dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan mencapai tujuan reformasi birokrasi, telah mengembangkan berbagai instrumen yang diharapkan menjadi katalisator dan membentuk agen perubahan yang mampu dengan cepat memberikan dampak dan menggerakkan perubahan kearah yang lebih baik. Salah satu instrumen tersebut berupa Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) yang digagas oleh Lembaga Administrasi Negara sejak tahun 2013 yang bertujuan menjadi wadah untuk mencetak aparatur yang dapat melakukan perubahan agar “bottleneck” di birokrasi terselesaikan, aparatur yang siap melakukan perubahan dan reformasi serta menjadi model pelatihan yang menyelesaikan permasalahan lintas sektor.

Memasuki tahun keenam penyelenggaraan Pelatihan Reform Leader Academy, ditahun 2018 ini, Lembaga Administrasi Negara mengundang partisipasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengirimkan peserta dengan tema pelatihan “Sinergi Implementasi Kebijakan Pembangunan Hijau dan Berkelanjutan menuju Percapaian tujuan SDGs 2030”.  Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah telah memfasilitasi pelaksanaan seleksi secara online yang dipergunakan oleh Lembaga Administrasi Negera untuk mendapatkan kandidat terbaik sebagai peserta Pelatihan Reform Leader Academy.

Seleksi ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2018 bertempat di ruang CAT lantai IV Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan kuota peserta seleksi sebanyak 9 orang berasal dari pejabat administrator, antara lain dari Bappelitbangda atas nama Dr. Andy Yusfani, S.E., M.Si,, dari Dinas Lingkungan Hidup atas nama Eko Kurniawan , S.Sos, M.Si., dari Dinas Kehutanan atas nama Medi Umari, S.E., M.Si., dan Dicky Markam, S.T., dari Dinas ESDM atas nama Ibnu Suzano, S.E, M.Ec.Dev dan Agus Setio Rini, ST., MT, dari Dinas Pertanian atas nama Erwin Krisnawinata, S.TP, M.Si dan Dinas PU PR atas nama Bariansyah Saputra, ST., M.M., dan M. Yunus, S.Si., M.T. Di sesi pertama seleksi dari pukul 09.00 s.d. 11.35 WIB dilaksanakan ujian psikotest, bahasa inggris dan essay dan dilanjutkan dengan sesi wawancara dengan skype dari pukul 14.30 s.d 16.00 WIB. Dari hasil seleksi tersebut nantinya akan diperoleh 3 peserta yang akan mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam pelaksanaan Pelatihan Reform Leader Academy di PKP2A III LAN Samarinda. 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Satriyo, SE.,M.AP-Kasubbid Kelembagan dan Kerja Sama BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD