Kembangkan Kompetensi Diri, Manfaatkan Beasiswa Luar Negeri

PangkaIpinang - Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) tidak hanya dapat memanfaatkan kesempatan mengembangkan kompetensi diri di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri. 

Awal tahun ini, dua tawaran beasiswa yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, yakni Pelatihan Pemerintah Thailand dan Beasiswa S2 KOICA (Korea).

Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDMD Babel, Mohamad Iqbalsyah berharap para ASN tidak melewati tawaran ini begitu saja.

“Ini tawaran yang sangat bagus sekali. Harapan kami, tentu saja para ASN di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat memanfaatkan tawaran ini dengan sebaik-baiknya, karena ini sangat penting bagi pengembangan kompetensi ASN sendiri,” kata Iqbalsyah melalui media percakapan, Jum’at (21/2/2020) lalu.

Senada hal tersebut, Kepala Sub Bagian Kelembagaan dan Kerja Sama BKPSDMD Babel, Satriyo juga mengatakan bahwa para pengembangan kompetensi dapat dilakukan di dalam dan luar negeri.

“ASN tidak hanya dapat mengikuti program pengembangan kompetensi di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri, seperti yang ditawarkan oleh Kemendagri kali ini,” kata Satriyo

Meski demikian, Satriyo mengakui bahwa tawaran ini terbilang langka dimanfaatkan.

“Masih dapat dikatakan langka yang mau memanfaatkan tawaran ini. Kalaupun ada, tidak setiap tahun,” akunya.

Dijelaskannya bahwa bahasa dan semangat diri masih menjadi kendala utama dalam pemanfaatan tawaran beasiswa tersebut.

“Hingga saat ini yang masih menjadi kendala adalah bahasa. Bahasa Inggris kita kebanyakan pasif. Selain itu, yang menjadi kendala juga, yakni semangat dari personalnya sendiri untuk mengembangkan kompetensi dirinya yang masih sangat kurang,” jelasnya.

Informasi tawaran pelatihan dan beasiswa dapat dilihat di bkpsdmd.babelprov.go.id dan diteruskan ke grup percakapan Kepegawaian, agar informasi segera sampai.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menyampaikan usulan pegawai yang akan mengikuti beasiswa pelatihan ke Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri dengan memperhatikan relevansi substansi yang ditawarkan dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri melalui surat elektronik ke fasker.kemendagri@gmail.com, telepon/fax 021 - 3810343. Kelengkapan berkas dapat diakses pada situs ktln.setneg.go.id/info_beasiswa_thai_2020.html dan www.koica.go.kr/ciat/7815/subview.do atau bit/ly/timelinebeasiswa2020.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD