Kegiatan Penguatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang paling penting dan paling menentukan dalam setiap organisasi. Dimana semua akan berpengaruh pada efektivitas dari sumber daya manusia yang dimiliki setiap organisasi yang ada, terstruktur dan memiliki teknologi dalam suatu organisasi.

Dalam menyongsong era industri 4.0, banyak sekali tantangan yang dihadapi dan membutuhkan kesiapan ASN sebagai penggerak utama tata kelola birokrasi pemerintah. Kita harus siap mengabdi kepada Negara dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Apalagi, di Era Milineal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu cepat.

Peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci untuk memenangkan kompetensi di tengah era persaingan global saat ini terutama dalam menghadapi perkembangan revolusi industry 4.0. Pembangunan Sumber Daya Manusia harus terus dilakukan untuk mencapai kualitas dan kompeten tinggi.

Pencapaian tujuan, visi, misi dan target kinerja sangat dibutuhkan terutama dalam suatu organisasi pemerintahan. Oleh karena itu, diperluakn Soft Skill dimana Soft Skill tersebut harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang kompleks dalam suatu tim, memiliki kemampuan berkoordinasi yang baik antar sesame tim, memiliki kreatifitas agar mampu berfikir yang diikuti dengan tindakan yang sesuai dengan situasi yang dihadapi dan mampu melakukan fungsi manajemen dengan baik.

Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertujuan untuk mewujudkan perubahan dalam kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya bidang Soft Skill guna pembentukan karakter pempimpin yang inovatif, dimana pemimpin harus mampu memimpin sebuah tim dan mau turun langsung, saling melengkapi dan berfungsi sebagai sebuah tim. Selain kemampuan untuk memimpin sebuah tim, para pemimpin dituntut untuk bisa membangun tim dari awal, menjadi perantara antar anggita tim serta menuntun tim untuk memiliki budaya inovatif, mau belajar dan terus melakukan peningkatan secara terus menerus.

Kegiatan Peningkatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara telah dilaksanakan 2 kali, pertama dilaksanakan pada Hari Kamis,tanggal 24 Januari 2019 bertempat di Hotel Cordela dengan peserta terdiri dari Esselon II (Jabatan Tinggi Pratama) dan Esselon III (Jabatan Administrator). Peserta yang hadir sebanyak 188 orang dari 256 undangan. Kedua dilaksanakan pada Hari Selasa, Tanggal 26 Februari 2019 bertempat di Hotel Soll Marina dengan peserta terdiri dari Esselon IV (Jabatan Pengawas). Peserta yang hadir sebanyak 225 orang dari 310 undangan. Untuk selanjutnya, kegiatan Peningkatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara direncanakan akan dilaksanakan lagi pada bulan Maret 2019 dengan peserta 309 orang dengan peserta terdiri dari Esselon IV (Jabatan Pengawas).

Dengan telah terlaksananya kegiatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara ini diharapkan peserta yang hadir mendapat pembekalan untuk peningkatan Soft Skill dan membawa perubahan system atau pola interaksi kerja antara pekerja dan pemberi kerja.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Dwi Pahriani, SE - Penata Keuangan BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD