Ingat!!! Pengabdian Anggota KORPRI Hanya Kepada Negara, Bangsa & Rakyat

Sekda Pemprov Babel, Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si membacakan sambutan Presiden RI, dalam Upacara HUT KORPRI ke-45.(foto: wedius). BKD BABEL – Walaupun sempat diguyur hujan deras, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan penuh semangat tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korp Pegawai Negeri Sipil (KORPRI) ke-45, bertempat di loby Kantor Gubernur Babel Selasa (29/11/2016) dengan Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si. Turut hadir dalam kesempatan itu, Pejabat dari unsur Forkopimda, Pejabat Eselon II, III, IV, Jabatan Fungsional Tertentu, dan Jabatan Fungsional Umum di lingkungan Pemprov Babel.

Sekda selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan itu membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia (RI) selaku Penasehat Nasional KORPRI pada HUT ke-45 KORPRI tahun 2016. Ia mengajak seluruh peserta upacara (anggota Korpri) agar menjadikan momentum Pilkada Serentak 2017 sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme aparatur.

Ujian untuk menerapkan Panca Prasetya KORPRI. “Ingatlah, pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu, melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa, dan rakyat,” kutip Sekda Yan Megawandi. “Selanjutnya, ketika kita bicara tentang pemberantasan praktik korupsi dan pungli, ketika kita bicara tentang peningkatan kualitas pelayanan publik, tentang memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka sesungguhnya anggota KORPRI berada di garis depan perjuangan. Agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global, maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggung jawab dan berorientasi kerja.

Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka. Fokuskan energi pada intisari dari pelayanan publik, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Untuk itu, setiap anggota KORPRI haruslah menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukannya bagian dari masalah bangsa,” papar Sekda. “Teruslah melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik. Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan nasional,” timpal Sekda Yan.

KORPRI, ditambahkannya, akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perifaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya. “Saya harap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa,” tutup Yan Megawandi Di akhir Upacara HUT KORPRI ke-45, Sekda Yan Megawandi menyerahkan secara simbolis Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov. Kep. Babel serta penyerahan Tropy dan uang pembinaan kepada SKPD dan aparatur yang meraih juara lomba Pengucapan Teks Pembukaan UUD 1945 dan Panca Parasetya KORPRI, Lomba Paduan Suara Mars KORPRI.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
wv/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD