Haryoso: Tugas Inspektorat Bukan Mencari-Cari Kesalahan

PANGKALPINANG – Inspektur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Haryoso, SH menegaskan bahwa tugas dari Inspektorat bukanlah untuk menakut-nakuti atau mencari-cari kesalahan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD), akan tetapi lebih kepada pembinaan.

“Kami dari Inspektorat melalui tim audit bekerja tidak untuk menakut-nakuti, apalagi mencari-cari kesalahan yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Babel ini, namun lebih kepada pembinaan,” tegas Haryoso, ketika menjadi Pembina Upacara Mingguan Pegawai Pemprov Babel di Halaman Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang, Senin (22/2/2016).

Jika ada oknum di inspektorat dalam melakukan tugas auditnya mencari-cari kesalahan,  Haryoso minta untuk melaporkan hal tersebut kepada dirinya selaku inspektur. “Laporkan ke saya jika ada yang menakut-nakuti atau mencari-cari kesalahan di SKPD. Tapi, perlu diingat juga, bagi PNS yang melakukan penyimpangan dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi masyarakat maupun abdi negara, maka inspektorat tidak segan untuk melakukan proses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang Haryoso.

Dalam kesempatan sama, Inspektur Pemprov Babel ini, juga mengajak Kepala SKPD di Lingkungan Pemprov Babel agar lebih selekstif dalam penerbitan surat perjalanan dinas. Apalagi saat ini, Pemprov Babel telah menerapkan pengelolaan atau penerapan laporan keuangan berbasis akrual.

Selain itu, Haryoso mengajak seluruh PNS Pemprov Babel supaya meningkatkan disiplin kerja. Sebab, saat ini tunjangan penghasilan pegawai (TPP) Pemprov Babel sudah naik dengan angka yang cukup signifikan.

Diakhir pengarahannya, Haryoso juga mengingatkan kepada seluruh SKPD Pemprov Babel, untuk segera melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan pada tahun 2016 ini. Karena saat ini, tahun anggaran 2016 sudah memasuki pertengahan bulan Februari.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD