Hampir Seluruh PNS Tidak Menyadari Arti Penting Upacara

PANGKALPINANG - Upacara bendera memiliki arti yang sangat penting.Upacara merupakan momen untuk menunjukkan kesetiaan kepada bangsa dan negara. Karena dalam upacara terdapat lambang negara yaitu Bendera Merah Putih. Selain itu, upacara menjadi suatu bentuk penghormatan kepada para pemimpin daerah yang bertindak sebagai inspektur upacara pada saat itu.

Hal itu dikatakan Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang merangkap sebagai Koordinator Instruktur Upacara, Cipto Nugroho, setelah memantau pelaksanaan upacara bendera mingguan di lapangan Kantor Gubernur, Senin (31/10/2016) pagi.

"Selama ini yang terjadi, hampir seluruh PNS tidak menyadari arti penting upacara. Sangat sulit membentuk formasi barisan upacara dan sangat membutuhkan waktu," jelasnya.

Hal tersebut, merupakan salah satu kendala Satpol PP sebagai instruktur upacara saat melaksanakan tugasnya di lapangan. Satpol PP Babel selain melaksanakan fungsi sebagai polisi Perda, juga bertanggung jawab atas kesiapan pelaksanaan upacara bendera yang digelar di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

"Melalui kegiatan instruktur upacara, Satpol PP mempersiapkan personil, melaksanakan upacara dan melakukan evaluasi serta pengamanan selama upacara bendera berlangsung. Bersinergi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Babel yang sudah menyusun jadwal bergilir SKPD petugas upacara, Satpol PP memberikan pelatihan persiapan petugas upacara," tambahnya.

Kendala lain, dikatakan Cipto, dalam hal pelatihan instruktur upacara adalah petugas tidak lengkap dalam pelaksanaan pelatihan. Ketika sampai hari H yang bersangkutan tidak hadir, sehingga petugas diambil alih oleh Satpol PP yang selama ini menjadi pelatih. Ada lagi tindakan indisipliner aparatur sipil negara, ketika upacara sudah dimulai masih ada saja yang baru datang dan masuk lapangan. Padahal sudah dihimbau untuk tidak memasuki lapangan upacara.

"Suatu ketika akan ada tindakan tegas untuk tindakan tidak disiplin ini dan berharap ada dukungan dari pimpinan daerah," tutupnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD