Gubernur: Mari Rubah Pola Pikir

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Rustam Effendi, mengajak semua pihak, apakah itu aparatur pemerintah daerah maupun masyarakat itu sendiri, agar di tahun 2016 mulai merubah pola pikir yang selama ini beranggapan bahwa masyarakat Babel tidak bisa hidup tanpa timah.

“Mari, ubah pola pikir lama kita. Timah tidak selama-lamanya. Namun, semua itu kembali kepada kita semua,” kata Gubernur ketika memberikan sambutan dalam acara Pencanangan Kegiatan IKM Tahun 2016 dan penyerahan Piagam Penghargaan One Village One Product (OVOP) tahun 2015 serta penyerahan bantuan bagi IKM, di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang, Kamis (7/1/2016).

Saat ini, ada empat sektor yang menjadi perhatian serius Gubernur, satu diantaranya adalah sektor IKM. “Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Babel yang telah memberikan  penghargaan dan bantuan kepada IKM di Kabupaten/Kota di Babel. Selamat juga kepada IKM yang telah menerima penghargaan dari Kementerian Perdagangan RI,” ungkap Gubernur.

Gubernur dalam kesempatan sama, mengingatkan kepada pengusaha IKM di Babel mengenai krisis ekonomi beberapa tahun silam yang melanda bangsa Indonesia. Kala itu, kata dia, hanya pengusaha IKM yang mampu bertahan dari terpaan krisis.

“Kepada dinas terkait, mari kita jemput bola berkenaan dengan ijin usaha IKM ini. Karena selama ini mungkin ada yang menganggap mengurus perijinan usaha itu rumit dan sulit,” tutup Gubernur.

Sebelumnya, Kepala Diperindag Pemprov Babel, H.M. Yuliswan, SH., MH mengatakan, setelah melalui seleksi OVOP, terpilihlah 13 IKM yang berhak menerima penghargaan produk OVOP. Kemudian, juga terdapat 106 IKM pangan di Babel yang telah dapat sertifikat halal.

“Pada tahun 2016 ini sebanyak 26 produk dari IKM kabupaten Bangka dan Bangka Barat akan mendapatkan sertifikat halal. Ditargetkan 2019 seluruh IKM di Babel telah mendapatkan sertifikat halal,” terang Yuliswan.

Pencanangan Kegiatan IKM Tahun 2016 dan penyerahan Piagam Penghargaan One Village One Product (OVOP) tahun 2015 serta penyerahan bantuan bagi IKM ini, turut dihadiri Pejabat Setruktural Eselon II, Ketua MUI Babel, Pimpinan Bank Sumsel Babel dan IKM penerima sertifikat halal dan bantuan peralatan IKM. 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD