Giatkan Publikasi, Sukseskan Pornas XV Korpri 2019

Pangkalpinang – Publikasi melalui berbagai media sosial merupakan salah satu senjata ampuh untuk menyebarluaskan informasi terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada 10-18 November mendatang, di Pangkalpinang.

Demikian disampaikan Naziarto, Ketua Panitia Pusat pada Rapat Koordinasi Persiapan Pornas XV Korpri 2019, di Ruang Tanjung Pesona, lantai 1 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pangkalpinang, Selasa (15/10/2019).

Sebagai seorang mantan jurnalis, Naziarto menjelaskan bahwa publikasi sangatlah penting, karena memiliki dampak yang sangat luas.

“Publikasi sangat penting sekali. Dampaknya sangat luar biasa, kalau kita cerdas memanfaatkannya. Menjelang Pornas, saya mencoba menyebarluaskan berbagai informasi menarik dari Bangka Belitung, misal kulinernya, tempat-tempat wisatanya, supaya orang-orang jadi tertarik ke Bangka Belitung,” jelas Naziarto.

Menanggapi hal ini, Irwanto, Kepala Bagian Humas, Sekretariat Daerah Babel menyatakan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan pihak terkait untuk menggiatkan publikasi penyelenggaraan Pornas XV Korpri 2019, serta memberdayakan Pranata Humas.

“Untuk baliho, panitia melalui Biro Humas dan Protokol maupun Dinas Komunikasi dan Informatika Babel akan mempersiapkan pengadaan baliho dan berkoordinasi dengan pemilik steger untuk lokasi pemasangannya. Selain itu, kita juga akan memberdayakan tenaga humas Pemerintah, yakni Pranata Humas terkait pemberitaannya,” jelas Irwanto.

Khusus publikasi dimedia massa, lanjut Irwanto, pihaknya akan membuat berita dan release untuk dipublikasikan melalui kanal di lingkungan Pemprov. Kep. Babel, seperti www.babelprov.go.id, www.humas.babelprov.go.id, www.bkpsdmd.babelprov.go.id dan kanal lainnya.

“Kami akan mengirim release ke media massa cetak maupun elektronik, sehingga informasi mengenai perhelatan Pornas Korpri ini dapat diketahui oleh khalayak luas. Di samping itu, kita juga akan menayangkannya di televisi swasta, seperti pesona TV” lanjutnya.

Kemudian, Irwanto juga menyampaikan bahwa pihaknya berencana membuka media center sebagai pusat informasi, khususnya bagi kalangan pers.

“Rencananya kita akan membuka media center di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang sebagai tempat kalangan media atau wartawan berkumpul dan menambahkan informasi seputar kegiatan Pornas Korpri. Sehingga informasi yang diperoleh benar-benar akurat karena diperoleh langsung dari panitia penyelenggara,” tuturnya.

Rapat koordinasi dihadiri ±50 orang, baik dari Dewan Pengurus Nasional Korpri, Panitia Daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD