Gateball, Primadona Baru di Pornas XV Korpri 2019

Pangkalpinang – Pertandingan seluruh cabang olahraga (cabor) pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2019 telah dimulai. Cabor baru, yakni gateball menjadi sejarah sekaligus primadona baru yang ikut dipertandingkan dalam ajang olahraga skala nasional ini.

Cabor gateball mengambil lokasi di halaman Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang dan sudah memulai pertandingan, pada Senin (11/11).

Kepala Dinas PUPR Babel, Noviar Ishak mengatakan bahwa cabor gateball disambut positif oleh para atlet ASN.

“Pada umumnya, respon yang tampak tentunya senang, karena mereka dapat ikut berpartisipasi dalam Pornas Korpri ini. Arena ini menjadi ajang untuk menunjukkan hasil latihan dan uji coba keahlian , selain yang utama tentunya silahturahim sesame ASN,” kata Noviar melalui media percakapan online, Selasa (12/11).

Noviar juga menjelaskan bahwa cabor gateball dapat diikuti oleh semua lapisan, mudah dan praktis.

“Kenapa gateball ditetapkan sebagai cabor dalam Pornas Korpri ini, karena gateball merupakan olahraga yang murah, meriah dan dapat diikuti oleh semua lapisan, baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Tidak perlu lapangan khusus,” jelasnya.

Menurut Noviar, olahraga gateball merupakan olahraga yang mengutamakan kekompakan para atlet.

“Olahraga ini memerlukan strategi tim, bukan perorangan. Sangat cocok bagi ASN yang memerlukan strategi dan kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama. Untuk meraih kemenangan, sesama pemain harus lebih mementingkan tim dari kepentingan pribadi, harus berkontribusi aktif sebagai satu kesatuan tim,” ujarnya.

Noviar berharap olahraga gateball dapat menjadi salah satu olahraga popular, terutama di Babel.

“Harapan kami, semoga gateball bisa menjadi popular di masyarakat, khususnya masyarakat Babel. Mudah-mudahan nantinya akan ada atlet gateball dari Babel yang dapat berprestasi di event lokal, nasional maupun internasional,” harapnya.

Pengurus Provinsi cabor gateball, Arifiyanto mengatakan meski tergolong baru, olahraga gateball mendapatkan respon yang baik dari para atlet Babel.

“Walaupun masih baru dan atlet kitapun hanya punya persiapan sekitar 3 bulan, tapi mereka sangat bersemangat untuk mengikuti,” kata Arifiyanto.

Kedepan, lanjut Arifiyanto, gateball direncanakan akan semakin dikembangkan di Babel.

“Yang bisa dilakukan untuk mengembangkan olahraga gateball, tentu kami akan membentuk penguru cabang kabupaten/kota. Khusus untuk pegawai, kami juga akan mengajak OPD membentuk klub-klub atau ikut bergabung di Dinas PUPR,” lanjutnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD