Dulu Diklatpim, Kini PKA dan PKP

Pangkalpinang – Istilah Diklat Kepemimpinan atau Diklatpim kini sudah berubah. Diklatpim IV berubah menjadi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas disingkat PKP dan Diklatpim III berubah menjadi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).

Dipaparkan Mohamad Iqbalsyah, Kepala Bidang Pengembangan SDM, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel), beberapa hal yang melatar belakangi perubahan atau pengembangan tersebut.

“Ada 3 hal yang melatar belakangi pengembangan program pelatihan ini. Pertama, terbitnya PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Permenpan No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan. Kedua, membutuhkan pemenuhan kompetensi berdasarkan akuntabilitas jabatan dan profil jabatan melalui pemenuhan kompetensi manajerial,” papar Iqbalsyah dalam Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Program PKA dan PKP, di Ruang Tanjung Tinggi, BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (15/1/2020).

Ketiga, lanjut Iqbal, adanya kebutuhan kompetensi manajerial baru.

“Hal ketiga atau terakhir yang melatar belakangi pengembanga program pelatihan ini, yakni kebutuhan pemenuhan kompetensi manajerial baru dalam menghadapi perkembangan lingkungan menyangkut NKRI dan integritas,” lanjutnya.

Berbeda dengan Diklatpim, kompetensi yang ingin dibangun dari PKP adalah kepemimpinan melayani dan kompetensi yang ingin dibangun dari PKa adalah kepemimpinan kinerja.

Selain itu, durasi pelaksanaan kegiatan pelatihanpun menjadi lebih singkat. Jika sebelumnya Diklatpim IV memakan waktu selama 103 hari, PKP hanya membutuhkan 96 hari. Kemudian, jika sebelumnya Diklatpim III membutuhkan waktu selama 98 hari, kini di PKA menjadi 91 hari.

Kembali disampaikan Iqbalsyah, bahwa PKP dan PKA sangat mirip dengan pelaksanaan Latsar bagi CPNS.

“Skema pelaksanaan Diklat PKA atau PKP nantinya itu berbeda dengan skema pelaksanaan Diklatpim III atau Diklatpim IV tahun sebelumnya, Skema PKA dan PKP nanti kurang lebih seperti Latsar,” katanya.

Layaknya Latsar, PKP dan PKA memiliki 3 tahapan. On Campus (tahapan pertama) terdiri dari 4 agenda pembelajaran dengan 3 orientasi, yakni Pengelolaan Diri, Pengelolaan Orang Lain, Pengelolaan Pekerjaan dan Aktualisasi Kepemimpinan. Kemudian Off Campus (tahapan kedua), yakni Implementasi Aksi Perubahan dan kembali On Campus II (tahapan ketiga), yakni Evaluasi dan Aksi Perubahan.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD