Dengan Berqurban, BKPSDMD Babel Bangun dan Pelihara Kepedulian Antar Sesama

BKPSDMD Babel, Pangkalpinang -
Berqurban bertujuan untuk membangun dan memelihara kebersamaan diantara para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BKPSDMD Babel.

Demikian disampaikan Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman usai melakukan penyembelihan hewan qurban di area lingkungan Kantor BKPSDMD Babel, Pangkalpinang, Senin (12/8/2019).

Sahirman melanjutkan bahwa berqurban juga merupakan bentuk kepedulian sesama pegawai atau sesama muslim.

“Dengan kita berqurban, kita juga membangun kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan, seperti saudara-saudara kita yang ada di panti-panti, teman-teman honorer atau yang golongan I dan II. Ini aebagai bentuk kepedulian kita antar sesama pegawai dan sesama umat muslim,” lanjutnya.

Disamping itu, Sahirman juga menambahkan bahwa berqurban juga dapat menumbuhkan semangat spiritual.

“Tidak hanya itu saja. Dengan berqurban, kita juga menumbuhkan semangat spiritual para ASN, yakni dengan menjalankan segala kewajiban dan sunnah kita sebagai seorang muslim, seperti tuntunan kita Nabi Muhammad SAW. Berqurban berarti mendekatkan kita kepada Allah SWT,” tambahnya.

Dikatakan Sahirman lagi bahwa berqurban secara filosofi dapat diartikan menghilangkan berbagai sifat buruk dari dalam diri manusia.

“Penyembelihan hewan qurban secara filosofi untuk “menyembelih” sifat-sifat hewani yang ada pada diri manusia, seperti sombong, tamak, bermegah-megahan, sifat-sifat yang mengikuti hawa nafsu. Seharusnya lah kita yang mengontrol hawa nafsu, bukan sebaliknya. Sehingga, semakin dekat diri kita kepada Allah SWT, maka semakin kaya spiritual kita, sehingga semakin positif pula kita dalam berkehidupan,” katanya.

Sekretaris BKPSDMD Babel, Umi Kalsum menyampaikan bahwa berqurban sebagai salah saru cara menggugah kepedulian terhadap sesama.

“Kita ingin menggugah kepedulian kawan-kawan kepada kawan-kawan lain yang lebih membutuhkan. Alhamdulillah respon mereka baik. Dan qurban ini sudah 2 tahun ini kita laksanakan. Semoga tahun depan semakin baik dan semakin bertambah hewan qurbannya,” kata Umi.

Proses penyembelihan hingga pembagian hewan qurban dilakukan oleh para pegawai BKPSDMD Babel yang telah diberikan tugas masing-masing. Daging hewan qurban yang telah dibagi rata diberikan kepada dua panti asuhan dan sekitar 116 pegawai BKPSDMD Babel yang telah ditentukan.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
Ghulam
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD