CPNS Pemprov.Babel 2019 Mulai Jalani Seleksi Kompetensi Dasar

Pangkalpinang – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) Tahun 2019 dimulai hari ini, Senin, 3 Februari 2020, di Ruang Computer Assisted Test (CAT), lantai 4 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Asisten Bidang Administrasi Umum, Sekretariat Daerah Babel, Darlan mengatakan bahwa para peserta sudah siap mengikuti SKD.

“Peserta ini sudah siap dan tertib. Dari empat ribu lebih pelamar, mereka akan bersaing untuk memperebutkan 120 formasi yang disediakan. Kondisinya memang seperti itu. Kalau memang sudah rezekinya, insyaAllah pasti dapat,” kata Darlan usai acara pembukaan SKD, di tempat yang sama.

Darlan menambahkan bahwa Pemprov. Babel mencari sosok aparatur yang berdedikasi tinggi, baik dari segi akhlak dan kinerjanya.

“Kita akan mencari aparatur yang kompeten, profesional, berintegritas dan memiliki akhlak yang baik. Dengan akhlak yang baik, akan baik pula dalam pekerjaannya,” tambahnya.

Dari segi penyelenggara, Darlan menilai semua antisipasi beberapa kemungkinan buruk sudah dipersiapkan.

“Dari segi penyelenggara sudah baik, berbagai antisipasi sudah disiapkan, seperti computer cadangan, jenset, dan lain sebagainya,” nilanya.

Harapannya bahwa para peserta dapat menjalani SKD dengan baik, tanpa kendala berarti.

“Mudah-mudahan para peserta dapat menjalani tes dengan lancar. Berdo’a, tenang, jangan grogi, supaya bisa menjawab soal-soal dengan jelas,” harapnya.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKPSDMD Babel, Muhammad Erisco Nurrahman menjelaskan tata cara kedatangan peserta, sebelum memasuki ruang ujian.

“Seleksi Kompetensi Dasar ini adalah seleksi kedua, yang pertama Seleksi Administrasi. Sebelum masuk ke Ruang CAT, peserta registrasi terlebih dahulu dan menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Kemudian, menyimpan barang bawaan di loker, baru masuk ke Ruang CAT,” jelas Erisco.

Dikatakannya bahwa Kompetensi Dasar memiliki 3 indikator dengan passing grade tertentu untuk melanjutkan ke seleksi berikutnya.

“Kompetensi dasar itu ada 3 indikator yang menjadi penilaian dan itu menggunakan metode sistem CAT, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Materi soal sudah di-input oleh Panitia Seleksi Nasional,” katanya.

Untuk dapat melanjutkan seleksi selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), para peserta harus mencapai passing grade TWK sebesar 65, TIU sebesar 80 dan TKP sebesar 126.

Saat registrasi, para peserta diberikan pin login aplikasi SKD. Sebelum pembukaan, panitia membacakan kembali tata tertib yang harus diikuti dan tata cara penggunaan CAT.

Hari ini terdapat 4 sesi peserta yang akan menjalani SKD. Setiap sesi berjumlah 100 orang dan memiliki waktu 90 menit untuk menyelesaikan ujian.

 

 

 

 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD