BKPSDMD Babel Sediakan 33 Diklat, Iqbalsyah: Itu Hak ASN

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) menyediakan 33 pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), sepanjang tahun 2020.

Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDMD Babel, Mohamad Iqbalsyah berharap para ASN dapat memanfaatkan kegiatan kediklatan semaksimal mungkin.

“Ada sekitar 33 diklat yang kita sediakan untuk kawan-kawan ASN di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kita berharap kawan-kawan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan hak ASN,” kata Iqbalsyah yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Iqbalsyah menjelaskan bahwa mengikuti diklat merupakan hak ASN dalam rangka pengembangan kompetensi.

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 11 Tahun 2017, ini merupakan hak ASN dalam rangka mendapatkan pengembangan kompetensinya. Jadi, jangan sampai dilewatkan,” jelasnya.

Kegiatan kediklatan dapat me-refresh dan meningkatkan kemampuan teknis ASN. Dengan keikutsertaannya, kompetensi ASN diharapkan akan semakin meningkat, karena ini adalah sebuah kebutuhan bagi ASN, dimana kompetensi ASN harus terus meningkat sesuai dengan kebutuhan publik.

Iqbalsyah mengingatkan agar para ASN di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat segera melakukan pendaftaran.

“Tahap pendaftaran diklat sudah kita buka mulai 6 Januari 2020 sampai dengan diklat tersebut diselenggarakan atau kebutuhan kuota sudah terpenuhi,” katanya.

Pendaftaran diklat dapat dilakukan secara mobile dengan mengunduh aplikasi Simdiklat di Playstore bagi pengguna Android dan bagi pengguna IOS bisa mendowbload melalui link http://simdiklat.babelprov.go.id/mobile

Setiap diklat yang diselenggarakan, lanjut Iqbalsyah, disesuaikan dengan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kalender diklat tahun ini ada beberapa macam. Setiap jenis diklat yang kita selenggarakan didasarkan pada kebutuhan organisasi dan pribadi, misal Diklat Pengadaan Barang/Jasa ada 6 angkatan, karena untuk mengakomodir kebutuhan kawan-kawan yang tahun-tahun sebelumnya belum terakomodir,” lanjutnya.

33 diklat tersebut telah dibagi berdasarkan jumlah alokasi biaya untuk Sub Bidang Pengembangan Teknis dan Fungsional, serta masih dapat berubah tergantung dengan kebutuhan baru.

Terakhir Iqbalsyah mengatakan bahwa kegiatan kediklatan direspon cukup baik oleh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, kegiatan kediklatan ini dari tahun ke tahun mendapatkan respon yang cukup baik dan antusias, terutama diklat yang bersifat teknis,” katanya

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Ahli Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD