BKPSDMD Babel Gelar Refreshment Ujian Pengadaan Barang/Jasa

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) mengadakan Refreshment Ujian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, di aula BKPSDMD Babel dan di Ruang Tanjung Tinggi, BKPSDMD Babel, Rabu (17/7/2019).

Pegawai Pengelola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (diklat), Syarifah Herfina Hafriati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan persiapan untuk menghadapi ujian Pengadaan Barang/Jasa.

“Refreshment ini untuk menghadapi ujian PBJ besok. Mereka ini ada yang sudah ikut ujiannya beberapa bulan lalu. Jadi perlu direfresh lagi tentang materi-materi yang akan diujiankan,” kata Herfina yang ditemui di Aula BKPSDMD Babel.

Wanita yang akrab disapa Fina ini juga mengatakan bahwa ujian PBJ diawasi langsung oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP).

“Kita (BKPSDMD) hanya memfasilitasi atau menyelenggarakan diklat, tapi ujiannya langsung diawasi oleh LKPP. Mereka yang mengeluarkan sertifikatnya,” katanya.

Salah satu tenaga pengajar Refreshment Ujian PBJ, Amransyah Muslimin mengatakan bahwa lulus atau tidaknya dalam ujian tergantung pada peserta.

“Lulus atau tidaknya kan tergantung peserta. Kebanyakan peserta tidak serius karena masih disibukkan dengan kegiatan dan jarang latihan,” kata Amransyah yang ditemui usai kelas refreshment.

Disamping itu, Amransyah juga menambahkan bahwa sikap rileks memudahkan peserta memahami materi.

“Faktor stres juga ikut berpengaruh. Jadi saya beri motivasi supaya rileks, santai saja. Karena kalau kita rileks, materi yang disampaikan akan mudah dipahami,” katanya.

Salah satu peserta, Suyanti mengatakan bahwa mencari pengalaman dan menambah ilmu menjadi motivasi dirinya mengikuti ujian ini.

“Motivasi saya ikut ujian ini yang pasti nambah ilmu, nambah pengalaman. Ini kan berkaitan dengan pekerjaan kita. Setidaknya kalau kita sudah punya sertifikat, sudah enak lah untuk pengadaan barang jasa,” kata Suyanti.

Refreshment Ujian PBJ diikuti oleh 100 peserta yang merupakan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD