BKPSDMD Babel Gelar Pembekalan dan Pengarahan Bagi PNS Pra Purnabhakti dan Purnabhakti 2019-2021

Pangkalpinang - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) menggelar Pembekalan dan Pengarahan PNS Pra Purnabhakti serta Seminar Wirausaha PNS Pensiunan Periode 2019-2021 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Rabu (28/8/2019).

Wakil Gubernur Babel diwakili Kepala BKPSDMD Babel Sahirman menyampaikan rasa terima kasih kepada para PNS pra purnabhakti dan purnabhakti atas pengabdian yang telah diberikan.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada para PNS yang memasuki masa pensiun dan yang telah pensiun. Penghargaan setinggi-tingginya juga tak lupa saya sampaikan atas pengabdian selama ini bagi kepentingan masyarakat,” kata Sahirman dalam sambutannya.

Dalam sambutan tersebut, Sahirman juga menyampaikan agar masa pensiun dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Masa pensiun bagi sebagian PNS dianggap sebagai keadaan yang sulit, karena bingung harus berbuat apa. Suatu langkah yang bijak jika PNS yang menjelang pensiun dapat membekali diri dengan kemampuan dan keterampilan di bidang yang sesuai dengan bakat bapak/ibu sekalian,” katanya.

Sahirman melanjutkan bahwa masa pensiun merupakan masa yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri.

“Masa pensiun harus dijadikan kesempatan bagi kita untuk lebih leluasa dan bebas untuk mengembangkan diri dalam berkarya. Manfaatkanlah masa pensiun ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Optimalkan waktu yang ada untuk kegiatan sosial maupun keagamaan,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, MA. Zahedi, peserta dari Inspektorat Babel mengatakan bahwa dirinya akan mencoba bercocok tanam ketika memasuki masa pensiun.

“Saya tertarik tadi lihat materi kewirausahaan hidroponik. Mungkin nanti mau mencobanya,” kata Zahedi.

“Selain itu dulu saya juga pernah berdagang, sebelum masuk PNS. Jadi, bisa juga nanti ketika pensiun, berdagang lagi,” akunya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh
perwakilan PT. Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang Syaiful Uyun dan PT. Bank Mandiri Taspen Eko Suganda. Peserta berkisar 234 orang, yakni 19 orang yang sudah pensiun dan 215 orang yang memasuki masa pra purnabhakti.

Pada kegiatan ini juga, para peserta diberikan materi-materi terkait, pembagian sembako dari PT. Taspen, dan pembagian door prize oleh Bank Sumsel Babel.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD