BKPSDMD Babel Gelar FGD Verifikasi dan Validasi Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN 2020

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Verifikasi dan Validasi Perencanaan Kebutuhan dan Formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020.

Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman meminta agar setiap Perangkat Daerah (PD) dapat memberikan masukan yang tepat.

“Kami minta agar setiap Perangkat Daerah dapat memberikan masukan agar ASN yang kita butuhkan benar-benar terakomodir,” pinta Sahirman melalui media percakapan daring, Rabu (18/12/2019).

Sahirman mengatakan bahwa ketepatan perencanaan kebutuhan ASN berdampak pada pencapaian program-program strategis Pemerintah.

“Program-program strategis akan mudah tercapai bila dikelola ASN yang mumpuni dan yang memang sangat dibutuhkan di daerah,” katanya.

FGD dibagi menjadi empat tim, yakni Desk Tim I di Ruang Tanjung Kelayang, Desk Tim II di Ruang  Tanjung Kalian, Desk Tim III di Ruang Pasir Padi dan Desk Tim IV di Ruang Tanjung Kerasak. Keempat tim dijadwalkan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 18-19 Desember 2019. Setiap tim terdiri dari Pembahas, Operator, juga Administrasi dan Berita Acara.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan ASN, BKPSDMD Babel, M. Erisco Nurrahman menjelaskan tahapan dalam  penyusunan Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN.

“Penyusunan Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN Tahun 2020 ini melalui beberapa tahapan. Pertama, workshop melalui Pelatihan Penyusunan Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN Tahun 2020,” jelas Erisco.

Tahapan kedua, lanjut Erisco, Penyusunan Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN tahun 2020 juga dilakukan melalui sistem aplikasi terpadu.

“Tahapan kedua dimana Penyusunan Perencanaan Kebutuhan dan Formasi ASN tahun 2020 juga dilakukan oleh masing-masing Perangkat Daerah melalui Sistem Perencanaan ASN (SIRENA)” lanjutnya.

Terakhir Erisco menambahkan bahwa verifikasi dan validasi merupakan akhir dari seluruh tahapan.

“Kemudian tahapan ketiga atau yang terakhir dari serangkaian tahapan, yakni verifikasi dan validasi,” tambahnya.

Kegiatan FGD juga menjadi dasar penentuan kebutuhan dan formasi ASN dalam Pengadaan CASN Tahun 2020. Disamping itu, melalui akun instagram @rendapeg.bkpsdmdbabel, pihak panitia juga mengajak masyarakat untuk memberikan aspirasinya akan kualifikasi pendidikan yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengadaan CASN 2020.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD