BKPSDM Babel Adakan Rakor Rencana Strategis 2017-2022

Pangkalpinang – Pelaksanaan Rapat Koordinasi Rencana Strategis 2017–2022 Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Pemerintah Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) tahun 2017 ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam perencanaan  strategis Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan juga bertujuan meningkatkan sinergitas penyusunan perencanaan strategi kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.” demikian dikatakan Kepala BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel Drs. H. Sahirman, M.Si saat membuka acara Rapat Koordinasi Rencana Strategis 2017-2022 bertempat di  Aula Graha Najar Praja BKPSDMD (Selasa, 30/05/2017).

Kegiatan Rapat Koordinasi Rencana Strategis 2017-2022 yang berlangsung selama dua hari (30-31 Mei 2017) tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang didominasi oleh pegawai BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel yang merupakan anggota tim penyusunan Rencana Strategis BKPSDMD 2017-2022, selain itu, peserta juga berasal dari perwakilan beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemprov. Kep. Babel dan juga berasal dari BKPSDMD Kabupaten/Kota.

Selanjutnya Sahirman mengungkapkan bahwa, dalam penyusunan rencana strategis  2012-2017 yang lalu, kita telah mencoba merancang kegiatan-kegiatan prioritas berikut indikator-indikator output dan lanjut dengan pendanaan yang diperlukan. dalam menyusun renstra, kita harus dapat melakukan review secara menyeluruh, bukan hanya menyangkut kegiatan, tetapi juga programnya.

Dengan demikian kata Sahirman, kita dapat betul-betul meningkatkan efektivitas dan efisiensi anggaran. dewasa ini kita masih menjumpai, program prioritas yang sudah dirumuskan dengan baik, namun ketika sampai pada rincian kegiatan atau juga di tingkat sub-kegiatan, masih terdapat kegiatan-kegiatan yang sifatnya “membonceng”, yang sesungguhnya tidak diperlukan.

“Kesungguhan saudara-saudara dalam melakukan review akan membuka peluang untuk meningkatkan alokasi pada program dan kegiatan yang benar-benar diprioritaskan.” Ucapnya

Saya ingin mengingatkan bahwa dalam merancang program dan kegiatan ke depan, kita harus benar-benar dapat menunjukkan program dan kegiatan yang bernilai strategis, ini tidak berarti ada yang ditinggalkan, namun kita harus sadar bahwa dengan kemampuan pendanaan yang terbatas, kita harus mampu memiliki prioritas yang lebih tajam. Dengan demikian, renstra BKPSDM lima tahun ke depan saya harapkan harus linier dengan RPJMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga akan mempermudah dalam evaluasi dan pelaporannya. (WV/AH/BKPSDMD/Babel2017)

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Wedius Virkiyan, S.Sos
Bidang Informasi: 
BKPSDMD