BKN Resmikan UPT di Babel

Pangkalpinang - Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI) meresmikan Unit Penyelenggara Teknis (UPT), di Jalan M. Soleh Zainudin, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). UPT di Babel ini merupakan yang ke-18 setelah Ternate.

Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa merupakan penetrasi pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“UPT ini merupakan penetrasi pelayanan dari BKN ke daerah-daerah yang mungkin sulit untuk datang ke kantor regional, terutama daerah-daerah yang transportasinya terbatas. Mungkin tidak hanya provinsi yang tidak memiliki kantor regional, tapi juga pulau-pulau terdepan, terluar dan terpencil,” kata Bima dalam sambutannya.

Bima menjelaskan bahwa UPT memiliki 2 tugas secara regulasi.

“Dalam regulasinya ada 2 tugas UPT, yakni menyelenggarakan seleksi dan penilaian kompetensi. Dan memang ada tugas tambahan dari UPT ini untuk melaksanakan administrasi kepegawaian yang bisa dilimpahkan dari Kanreg (Kantor Regional),” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman juga menyampaikan rasa terima kasih atas diresmikannya Kantor UPT BKN di Pangkalpinang.

“Saya berterima kasih sekali atas adanya Kantor UPT BKN di Pangkalpinang ini. Tinggal bagaimana nanti UPT ini ditingkatkan tergantung kewenangannya nanti, tapi niat kita untuk membuka pelayanan yang lebih efektif dan efisien sudah terbuka,” kata Erzaldi dalam sambutannya.

Erzaldi juga mengatakan bahwa keberadaan UPT BKN dapat meningkatkan pelayanan ASN di Babel.

“Dengan adanya Kantor UPT BKN di Pangkalpinang, kami sangat merasa bahwa pelayanan khususnya untuk para ASN kami ini nanti akan lebih optimal dan kami berharap fasilitas ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara Walikota Pangkalpinang Maulana Aklil atau yang disapa Molen yang juga hadir pada peresmian ini menjelaskan bahwa struktur merubah kultur.

“Struktur merubah kultur, inilah yang saya maksudkan. Struktur ini tadi sangat terbengkalai. Begitu ditempatkan BKN selama 6 bulan, hasilnya sangat luar biasa seperti ini,” jelas Molen.

Molen juga menyampaikan bahwa keberadaan UPT BKN di Pangkalpinang memberikan dampak positif bagi Kota Pangkalpinang itu sendiri.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, pembukaan selubung plang nama kantor, pengguntingan pita kelas simulasi Ruang CAT (Computer Assisted Test). 10 besar dengan nilai terbaik mendapatkan hadiah dari BKN RI.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD